TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Doa Ketika Hujan Lebat Agar Tidak Menjadi Bencana


Ilmusantri.net - Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan kita doa ketika hujan lebat agar tidak berubah menjadi bencana dan kerusakan. Sepertihalnya banjir, tanah longsor, rumah roboh akibat puting beliang atau angin topan.

Al-Bukhari meriwayatkan dalam sebuah hadis di Kitab Awwalul Kholq, Sayyidah Aisyah berkata, ketika melihat awan gelap di langit serta angin kencang, Nabi SAW berjalan mondar-mandir, keluar-masuk masjid dan wajahnya yang biasa memancarkan cahaya terang, akan terlihat berubah. Nabi Muhammad SAW berdoa meminta agar mendung dikembalikan menjadi cerah.

Kemudian Aisyah, bertanya kepada Nabi Muhammad, "Ya Nabi Muhammad, apabila nampak awan mendung semua manusia merasa gembira karena menandakan hujan akan turun, tetapi mengapa Engkau malah terlihat ketakutan?"
doa hujan lebat , doa hujan reda , banjir , detik muslim , hikmah , berita islam  doa ketika hujan
Nabi Muhammad SAW menjawab, "Wahai Sayyidah Aisyah, bagaimana aku dapat meyakini bahwa angin kencang serta awan mendung itu bukan mendatangkan adzab dari Allah? Kaum `Ad telah dibinasakan oleh angin topan. Saat mereka melihat awan mendung, mereka gembira dikarena mengira akan segera turun hujan. Padahal bukan hujan, tetapi adzab Allah untuk membinasakan mereka."

Doa Hujan Lebat

Berdasarkan Hadist Riwayat Al Bukhori, inilah doa ketika hujan lebat yang dibaca Nabi Muhammad SAW:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Latin : Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya : Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.

Terkadang hujan lebat disertai angin kencang. Diriwayatkan oleh Al Muslim, Nabi Muhammad SAW membaca doa angin kencang berikut ini:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: "Ya Allah, saya meminta kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang berada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

doa hujan lebat, doa hujan turun, doa setelah hujan

Doa Mendengar Petir

Dalam riwayat lain oleh Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa saat mendengar petir berikut ini:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan para malaikat karena takut kepada-Nya.

Doa Setelah Hujan Reda

Setelah hujan reda dan tidak terjadi banjir, berikut doa setelah hujan yang bisa dibaca:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih

Artinya: Kita diberikan hujan (dari langit) karena karunia dan rahmat Allah."

Semoga Allah menyelamatkan Indonesia dari segala bencana, menjadikan negeri ini Baldatun Thoyyobatun Wa Robbun Ghofur. Amin. 

Komentar0

Type above and press Enter to search.