TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Kapan Tanggal Lebaran Idul Adha 2021? - ILMUSANTRI.net

Idul Adha 2021 tiba sebentar lagi, istilah lain dari idul adha adalah hari raya qurban atau yamun nahr. Pada hari tersebut umat muslim akan memasuki momen Lebaran Idul Adha 2021. 

Kapan Idul Adha 2021? dan Tanggal berapa Lebaran Idul Adha 2021?

Seperti yang telah diketahui bersama, Hari Raya Idul Adha 2021 atau hari raya kurban selalu diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah tahun Hijriyah.

Namun penetapan 10 Dzulhijjah ini masih akan merujuk pada hasil keputusan sidang itsbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI. Sebelum sidang istbat tentunya Kemenag melaksanakan perhitungan ilmu falak (hisab) maupun observasi (rukyat atau melihat hilal) di 86 titik di Indonesia.

background manasik haji hd, makkah hd, kabah hd, mecca hd

Sementara itu, jika melansir pada laman resmi PP Muhammadiyah (hanya dengan hisab), Idul Adha 2021 akan jatuh pada hari Selasa 20 Juli 2021 mendatang. Selagi menunggu keputusan resmi dari Kementerian Agama RI mengenai kapan tepatnya tanggal jatuhnya Lebaran Idul Adha 2021.

Cara masyarakat merayakan idul adha adalah dengan melaksanakan amalan-amalan yang diutamakan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 2021. 

Amalan-amalan Bulan Dzul Hijjah Sebelum Idul Adha 2021

1. Puasa Arafah

Rasul Muhammad SAW mengajarkan umat muslim untuk melaksanakan puasa Arafah sebelum datangnya Hari Raya Idul Adha, tepatnya pada tanggal 9 dzulhijjah. Dalam salah satu riwayat hadits, Allah SWT menjanjikan keberkahan bagi hamba-Nya yang melakukan ibadah sunnah ini.

background manasik haji hd, makkah hd, gambar mekah, mecca hd

Berikut bunyi hadis anjuran puasa arafah:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

2. Puasa Tarwiyah

Puasa tarwiyah juga termasuk salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan menjelang Idul Adha 2021, tepatnya pada tanggal sepuluh bulan Dzulhijjah. Hadis tentang perintah puasa tarwiyah di salah satu hari di awal bulan Dzulhijjah setara dengan puasa satu tahun. Rasulullah SAW bersabda:

'Tiada ada hari yang amal sholeh, lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah).' Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi berpuasa satu tahun. Melakukan sholat malam di dalamnya membandingi sholat malam pada malam Lailatul Qadar. Salah seorang sahabat bertanya 'Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?' Beliau bersabda, 'Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)." (Imam Bukhari dari Ibnu Abbas dikutip dari Kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, hadits dengan redaksi hampir sama juga diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

12 Link Bingkai Twibbonize Idul Adha 2021 dapat Anda gunakan secara GRATIS dari Twibbon. Silahkan Klik Disini

3. Ibadah Qurban

Ibadah qurban adalah ibadah dengan menyembelih hewan semisal domba, kambing, sapi, unta dan sejenisnya pada hari Idul Adha dan hari tasyrik untuk mengikuti sunnah allah. 

Arti Makna qurban sendiri dari lafadz Qoruba dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagai bentuk ketaatan kepada-Nya.

Dalam sebuah Hadis perintah qurban menjelaskan: "Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya." (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)."

Riwayat lainnya adalah hadits shahih riwayat Imam Ahmad, Ibnu Majah dan Imam al-Hakim yang berbunyi sebagai berikut:

"Dari Abi hurairah ra: Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih kurban, janganlah mendekati tempat sholat kami." (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim menshahikannya).

 

4. Ibadah Haji

Ibadah haji memiliki kedudukan yang penting dalam Islam, karena haji merupakan rukun Islam yang ke lima. 

Dalam setahun, ibadah haji hanya dikerjakan sekali saja tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah (Arafah). Salah satu firman Allah mengenai haji tercantum dalam QS Al Hajj ayat 27:

وَأَذِّن فِى ٱلنَّاسِ بِٱلْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِن كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

Artinya: "Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh." (QS. Al Hajj: 27).

Namun pada tahun 2021 ini, pemerintah Arab Saudi hanya menerapkan haji terbatas untuk warga Saudi dan ekspatriat. 

Pemerintah Indonesia, juga melalui Keputusan Menag No 660 Tahun 2021 membatalkan pemberangkatan jamaah haji ke Tanah Saudi Arabia karena pandemi virus corona yang masih terjadi di berbagai belahan dunia.

12 Link Bingkai Twibbonize Idul Adha 2021 dapat Anda gunakan secara GRATIS dari Twibbon. Silahkan Klik Disini


5. Sunah Membaca Takbir dan Dzikir

Amalan sunah yang bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah adalah dengan memperbanyak membaca takbir dan dzikir. Dalam idul adha, sunah membaca takbir dimulai dari subuh tanggal 9 hari arafah hingga tanggal 13 hari tasyrik waktu ashar.

Berikut hadis tentang waktu kesunahan takbir idul adha:

وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِى أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ أَيَّامُ الْعَشْرِ ، وَالأَيَّامُ الْمَعْدُودَاتُ أَيَّامُ التَّشْرِيقِ . وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ وَأَبُو هُرَيْرَةَ يَخْرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِى أَيَّامِ الْعَشْرِ يُكَبِّرَانِ ، وَيُكَبِّرُ النَّاسُ بِتَكْبِيرِهِمَا . وَكَبَّرَ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِىٍّ خَلْفَ النَّافِلَةِ . 

Artinya: Ibnu Abbas berkata, "Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10 hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq." Ibnu 'Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin 'Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah. (HR Bukhari).

Komentar0

Type above and press Enter to search.