15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cara Membuat Air Salamun, Air Suwuk Rebo Wekasan

Cara Membuat Air Salamun, Air Suwuk Rebo Wekasan

Air Salamun adalah air yang dimasuki ayat salamah untuk diminum agar terhindar dari bala’ yang akan turun dalam masa setahun. 

Menurut sebagian orang-orang arif yang oleh Allah diberi anugerah mampu melihat hal-hal yang akan datang (mukasyafah) dan perkara sirri, bahwasanya pada setiap tahun Allah menurunkan 320.000 bala' (bencana) di bumi yang bertepatan pada hari rabu akhir di bulan Shafar, orang jawa menyebutnya dengan Rabu Wekasan. [ Kanzunnajah Wassuruur, 21-25 ]

Ayat-ayat tersebut ditulis pada kertas putih kemudian dicelupkan ke air dan diminum dengan niat TABARRUK ( mengharapkan berkah ) dan hati tetap meminta kepada Allah.

Diantara ulama’ kudus – sebagaimana riwayat KH. M. Sya’roni Ahmadi pada saat ngaji tafsir jum’at fajar (11/11/2016) – yang rutin mengamalkan air salamun adalah Mbah Arwani Kajeksan, Mbah Ma’mun Langgardalem, Mbah Hisyam Janggalan dan Mbah Siraj Undaan.

๐Œ๐ž๐ฆ๐›๐ฎ๐š๐ญ ๐€๐ข๐ซ ๐’๐š๐ฅ๐š๐ฆ๐ฎ๐ง Air Suwuk Rebo Wekasan

Disebutkan dalam catatan kaki bab qunut nazilah hal. 67 kitab Nihayatuz Zain karya Syeikh Nawawi Aljawi Albantani yang merupakan syarah atau penjelasan dari kitab matan Fiqih Qurrotul ‘Ain cetakan Alawiyah Semarang, barang siapa yang menulis ayat salamah tujuh yaitu tujuh ayat Alqur’an yang diawali dengan lafal Salaamun:

ุณَู„َุงู…ٌ ู‚َูˆْู„ًุง ู…ِّู† ุฑَّุจٍّ ุฑَّุญِูŠู…ٍ

ุณَู„َุงู…ٌ ุนَู„َู‰ٰ ู†ُูˆุญٍ ูِูŠ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠู†َ

ุณَู„َุงู…ٌ ุนَู„َู‰ٰ ุฅِุจْุฑَุงู‡ِูŠู…َ

ุณَู„َุงู…ٌ ุนَู„َู‰ٰ ู…ُูˆุณَู‰ٰ ูˆَู‡َุงุฑُูˆู†َ

ุณَู„ุงู…ٌ ุนَู„َู‰ ุฅِู„ْ ูŠَุงุณِูŠู†َ

ุณَู„ุงู…ٌ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ุทِุจْุชُู…ْ ูَุงุฏْุฎُู„ُูˆْู‡َุง ุฎٰู„ِุฏِูŠْู†َ

ุณَู„َุงู…ٌ ู‡ِูŠَ ุญَุชَّู‰ٰ ู…َุทْู„َุนِ ุงู„ْูَุฌْุฑِ

kemudian tulisan tersebut dilebur/direndam dengan air, maka barang siapa yang meminum air tersebut akan diselamatkan dari baliyyah/bala’ yang diturunkan. Bisa juga memakai wifiq salamun yang terdiri dari “Qowluhul Haq, Walahul Mulku” (Q.S. Al An’am: 73) serta angka-angka tertentu yang dikelilingi tulisan ayat salamah. Wallรขhu a'la

Sumber: Kyai Ubaidillah Arsyad  

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar