TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Cara Membuat Air Salamun, Air Suwuk Rebo Wekasan

Cara Membuat Air Salamun, Air Suwuk Rebo Wekasan

Salah satu amalan yang dapat dilaksanakan di hari rebo wekasan adalah membuat air salamun. Air salamun dapat diminumkan untuk anak-anak kecil agar mendapat fadhilah keselamatan dari turunnya balak di hari rebo wekasan. 

Menurut sebagian orang-orang arif yang oleh Allah diberi anugerah mampu melihat hal-hal yang akan datang (mukasyafah) dan perkara sirri, bahwasanya pada setiap tahun Allah menurunkan 320.000 bala' (bencana) di bumi yang bertepatan pada hari rabu akhir di bulan Shafar, orang jawa menyebutnya dengan Rabu Wekasan. [ Kanzunnajah Wassuruur, 21-25 ]

Ayat-ayat tersebut ditulis pada kertas putih kemudian dicelupkan ke air dan diminum dengan niat TABARRUK ( mengharapkan berkah ) dan hati tetap meminta kepada Allah.

Air Salamun - Air Suwuk Rebo Wekasan

Air Salamun adalah air yang dimasuki ayat salamah untuk diminum agar terhindar dari bala’ yang akan turun dalam masa setahun. 

Diantara ulama’ kudus – sebagaimana riwayat KH. M. Sya’roni Ahmadi pada saat ngaji tafsir jum’at fajar (11/11/2016) – yang rutin mengamalkan air salamun adalah Mbah Arwani Kajeksan, Mbah Ma’mun Langgardalem, Mbah Hisyam Janggalan dan Mbah Siraj Undaan.

𝐌𝐞𝐦𝐛𝐮𝐚𝐭 𝐀𝐢𝐫 𝐒𝐚𝐥𝐚𝐦𝐮𝐧 Air Suwuk Rebo Wekasan

Disebutkan dalam catatan kaki bab qunut nazilah hal. 67 kitab Nihayatuz Zain karya Syeikh Nawawi Aljawi Albantani yang merupakan syarah atau penjelasan dari kitab matan Fiqih Qurrotul ‘Ain cetakan Alawiyah Semarang, barang siapa yang menulis ayat salamah tujuh yaitu tujuh ayat Alqur’an yang diawali dengan lafal Salaamun. 

Langkah Membuat Air Salamun Rebo Wekasan

  1. Siapkan Piring atau sejenisnya yang licin sebagai media tulisan. 
  2. Niatkan memohon keselamatan dan barorokah air ayat al quran yang akan dibuat. 
  3. Tulis 7 ayat salamun di bawah ini dengan pulpen di piring.
  4. Lebur tulisan tersebut dengan air minum. 
  5. Minumkan kepada siapapun yang menginginkan barokah Air Salamun.   

سَلَامٌ قَوْلًا مِّن رَّبٍّ رَّحِيمٍ

سَلَامٌ عَلَىٰ نُوحٍ فِي الْعَالَمِينَ

سَلَامٌ عَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ

سَلَامٌ عَلَىٰ مُوسَىٰ وَهَارُونَ

سَلامٌ عَلَى إِلْ يَاسِينَ

سَلامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خٰلِدِيْنَ

سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

emudian tulisan tersebut dilebur/direndam dengan air, maka barang siapa yang meminum air tersebut akan diselamatkan dari baliyyah/bala’ yang diturunkan. Bisa juga memakai wifiq salamun yang terdiri dari “Qowluhul Haq, Walahul Mulku” (Q.S. Al An’am: 73) serta angka-angka tertentu yang dikelilingi tulisan ayat salamah. Wallâhu a'la

Sumber: Kyai Ubaidillah Arsyad  

Komentar0

Type above and press Enter to search.