TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Tata Cara Dan Bacaan Sholat Jenazah - Arab Indonesia dan Terjemahnya

Syubbanulyaum.com - Shalat Jenazah atau Shalat Mayit hukumnya adalah fardhu kifayah (fardhu yang dapat dicukupkan dengan satu orang saja). Namun jika tidak ada yang menjalankan, semua akan berdosa.

Dalam tata caranya, shalat jenazah tidak sama dengan shalat biasa. Yakni tanpa ruku’, sujud, i’tidal dan tahiyyat, akan tetapi hanya dengan 4 takbir dan 2 salam, yang dilakukan dalam keadaan berdiri.

Maka rukun dalam shalat jenazah adalah:
  1. Berdiri
  2. Niat
  3. Takbir 4 kali
  4. Salam

Kemudian secara makna harfiah, terdapat perbedaan pengucapan lafadh dalam shalat untuk mayit laki-laki dan perempuan. Jika untuk laki-laki menggunakan dhomir "HU", maka untuk perempuan menggunakan dhomir "HA". Maka nanti, sahabat dalam melafadhkan baik niat, doa takbir ketiga dan keempat rubahlah sesuai mayit yang dishalatkan. 

tata cara shalat jenazah
Selanjutnya kami sajikan Tata Cara Dan Bacaan Sholat Jenazah - Arab Indonesia dan Terjemahnya lengkap semua versi (arab, indonesia dan pengucapannya) agar mudah dipelajari dan difahami artinya.

Berikut ini adalah tata cara sholat jenazah :


1. NIAT

Untuk mayat laki-laki:
اُصَلِّى عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ للهِ تَعَالَى
 USHOLLI ALA HADZAL MAYYITI ARBA'A TAKBIROTIN FARHO KIFAYATIN LILLAHI TA'ALA
Aku niat shalat untuk mayit laki-laki ini dengan empat takbir fardhu karna Allah  

Untuk mayat perempuan:
اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ للهِ تَعَالَى
 USHOLLI ALA HADZIHIL MAYYITATI ARBA'A TAKBIROTIN FARHO KIFAYATIN LILLAHI TA'ALA
Aku niat shalat untuk mayit perempuan ini dengan empat takbir fardhu karna Allah

2. TAKBIR 4 KALI DIIRINGI BACAAN SETELAHNYA

Takbir Pertama: Membaca Surat Al Fatihah

Takbir Kedua: Membaca Sholawat

Takbir Ketiga: 
Membaca doa ringkas: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ
Atau doa lengkap: 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Takbir Keempat: 
اللهم لاتحرمنا أجره ولا تفتنا بعده واغفر لنا وله
ALLAHUMMA LAA TAHRIMNA AJROHU WALA TAFTINNA BA'DAHU WAGHFIRLANA WALAHU

Artinya: "Ya Allah janganlah kami tidak Engkau beri pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya, dan berilah ampunan kepada kami dan kepadanya"

3. Kemudian diakhiri dengan MEMBACA SALAM
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH

Demikian beberapa ringkasan artikel tentang tata cara dan do'a sholat jenazah, semoga bisa menambah wawasan dan amaliah pembaca sekalian, terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.

Komentar0

Type above and press Enter to search.