TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Belajar Ilmu Agama (Ngaji) Lebih Penting Daripada Jihad - Santri Alttihad Demak

BELAJAR ILMU AGAMA (NGAJI)  LEBIH PENTING DARI PADA PERANG BERJIHAD

Belajar itu penting, manusi selalu di singgungkan denganya, sebab suatu hal yang baru adalah pelajaran, dan yang namanya pelajaran buruh mempelajari. Namun mempelajari tidaka akan benar jika tidak ada orang yg mengajari. Begitulah ilmu agama sangatlah penting, namun juga butuh yang namanya pengajar atau guru, belajar bisa di lakukan kapanpun dan di manapun asalkan gurunya yg benar tidak mengajarkan perilaku yg salah.

Salah satu pentingnyapelajari ilmu agam dg guru, agar kita tidak salah dalam melakukan suatu hal, semisal kita belajar ttg wudlhu, wudu memanga ilmu yg dasar kita pelajari, ketika guru menerangkan bab tersebut kita harus memperhatikannya, mengingtnya dan juga harus memperaktikkannya, namun apabila kita tidak paham sedikitpun hendakanya kita tanya kepada guru kita, agar tidak salah dalam pengertian,karna kadang ada suatu hal yg sederhana apabila kita tidak faham dan tidak di tanyakan akan berakibat buruk setelahnya.

ponpes al ittihad, jungpasir wedung, jambu demak, santri keren, ayo mondok, wali songo

Tafaqquh fiddin belajar ilmu agama lebih penting di bandingkan perang, keterangan ini sudah di maktub dalam surat at taubah ayat 122:
فلولا نفر من كل فرقة منهم وما كان المؤمنون لينفروا كافة طائفة ليتفقهوا في الدين ولينذروا قومهم اذا رجعوا اليهم ادلعلهو يحذرون.

"Tidak sepatutnya seorang mukmin itu pergi semuanya (medan perang) mengapa tidak pergi dari tiap2 golongan diantara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka ttg agama dan memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka kembali kepadanya." (QS. At taubat ayat 122 ).

Ayat di atas menerang bahwa belajar ilmu agama lebih penting dari pada perang berjihat, krna sejatinya belajar adalah juga berperang, berperang melawan kebodohan.

Banyak orang tua sekarang yang tertari ilmu umum dari pada ilmu agama. Banyak yang suka anaknya masuk sekolah terfavorit atau bertaraf internasional di bandingkan anaknya masuk ke pesantren, kadang mereka ada yg malu anaknya masuk ke pondok pesantren. Padahal itu pilihan yg terbaik, karna di balik itu selain mereka mendapat ilmu umum. Juga mendapat ilmu agama.

Perlu di ketahui dengan perkembannya zaman. Sekarang banyak pondok pesantren yang juga memiliki sekolah formal, bahkan sekolah firmal dan pesantren menjadi satu.
Sehingga selain mendapat ilmu agama bisa mendapat segalah cabang ilmu lainnya sehingga terasa komplit serasa belajar di pesantren karna meliputi segala aspek kehidupan baik dunia maupun akhirat, 

Adapun orang yang belajar mencari ilmu akan di angkat derajatnya. Hal itu sangat nyarta dala firman allah dalam al qur'an surat mujahadah ayat 11:

يرفع الله الذين امنوا منكم والذين اوتوا العلم درجات
"  allah akan mengangkat derajat orang2 yg beiman di antara kalian dan juga orang2 yang di beri ilmu."

Apalagi bagi mereka yang juga mampu mengamalkan ilmunya, menurut KH. Hasim Asyari alasan allah mengangkat derajat orang ahli ilmu karena selain mereka belajar juga mampu mengaplikasikan ilmunya.

Sumber: Fb Ponpes Alittihad 

#ponpesalittihadjungpasiewdungdemak
#ponpesdemak
#ponpesjawatengah
#santrigaul

Komentar0

Type above and press Enter to search.