TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Profil Pondok Pesantren Darussalam Gontor - Terbesar di Indonesia

Dikutip dari wikisantri.id mari kita kenal Pondok Terbesar di Indonesia, Pondok Pesantren Darussalam Gontor. Perjalan Pondok Gontor dalam menyelenggarakan pendidikan yang religius, moderen dan profesional diakui umat Islam seluruh dunia. Keteguhan dalam menegakkan kedisiplinan tata tertib santri menjadi rujukan pondok-pondok moderen di Indonesia. Keunggulan yang paling masyhur, kesuksesan dalam menyelenggarakan pendidikan Bahasa Asing Inggris dan Arab sudah tidak diragukan lagi. Termasuk alumi Gontor adalah Penemu Kampung Inggris Pare Kediri, Mr. Kalend O. (Founder English Village & Owner BEC Pare Kediri). 

Mari kita kenal lebih jauh tentang Profil Pondok Gontor berikut ini: 

gontor, pondok gontor, santri gontor, jumatan, masjid gontor

Sejarah Berdiri 

Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo (PMDG) atau lebih dikenal dengan Pondok Modern Gontor adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Pesantren ini terkenal dengan penerapan disiplin, penguasaan bahasa asing (Arab dan Inggris), kaderisasi dan jaringan alumni yang sangat kuat.

Sejak didirikan pada 1926, Gontor merupakan sebuah lembaga pendidikan yang tidak terikat dengan organisasi kemasyarakatan mana pun.

Perjalanan panjang Pondok Modern Darussalam Gontor bermula pada abad ke-18 tepatnya pada 20 September 1926 atau 12 Rabiul Awwal 1345. Pondok Tegalsari sebagai cikal bakal Pondok Modern Darussalam Gontor yang didirikan oleh Kyai Ageng Hasan Bashari. Ribuan santri berduyun-duyun menuntut ilmu di pondok ini.

Saat itu pondok tersebut dipimpin oleh Kyai Khalifah, terdapat seorang santri yang sangat menonjol dalam berbagai bidang. Namanya Sulaiman Jamaluddin, putera Panghulu Jamaluddin dan cucu Pangeran Hadiraja, Sultan Kasepuhan Cirebon. Ia sangat dekat dengan Kyainya dan Kyai pun sayang padanya. Maka setelah santri Sultan Jamaluddin dirasa telah memperoleh ilmu yang cukup, ia dinikahkan dengan putri Kyai dan diberi kepercayaan untuk mendirikan pesantren sendiri di desa Gontor.

Gontor adalah sebuah tempat yang terletak lebih kurang 3 km sebelah timur Tegalsari dan 11 km ke arah tenggara dari kota Ponorogo. Pada saat itu, Gontor masih merupakan kawasan hutan yang belum banyak didatangi orang. Bahkan hutan ini dikenal sebagai tempat persembunyian para perampok, penjahat, penyamun bahkan pemabuk.

Dengan bekal awal 40 santri, Pondok Gontor yang didirikan oleh Kyai Sulaiman Jamaluddin ini terus berkembang dengan pesat, terutama ketika dipimpin oleh putera beliau yang bernama Kyai Anom Besari. Ketika Kyai Anom Besari wafat, Pondok diteruskan oleh ketiga dari Pendiri Gontor Lama dengan pimpinan Kyai Santoso Anom Besari.

Setelah perjalanan panjang tersebut, tibalah masa bagi generasi keempat. Tiga dari tujuh putra-putri Kyai Santoso Anom Besari menuntut ilmu ke berbagai lembaga pendidikan dan pesantren, dan kemudian kembali ke Gontor untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Gontor. Mereka adalah;

KH. Ahmad Sahal (1901-1977)

KH. Zainuddin Fanani (1908-1967)

KH. Imam Zarkasyi (1910-1985)

Mereka memperbaharui sistem pendidikan di Gontor dan mendirikan Pondok Modern Darussalam Gontor pada tanggal 20 September 1926 bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1345, dalam peringatan Maulid Nabi. Pada saat itu, jenjang pendidikan dasar dimulai dengan nama Tarbiyatul Athfal . Kemudian, pada 19 Desember 1936 yang bertepatan dengan 5 Syawwal 1355, didirikanlah Kulliyatu-l-Muallimin al-Islamiyah , yang program pendidikannya diselenggarakan selama enam tahun, setingkat dengan jenjang pendidikan menengah.

Dalam perjalanannya, sebuah perguruan tinggi bernama Perguruan Tinggi Darussalam (PTD) didirikan pada 17 November 1963 yang bertepatan dengan 1 Rajab 1383. Nama PTD ini kemudian berganti menjadi Institut Pendidikan Darussalam (IPD), yang selanjutnya berganti menjadi Institut Studi Islam Darussalam (ISID).

Saat ini ISID memiliki tiga Fakultas: Fakultas Tarbiyah dengan jurusan Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ushuluddin dengan perbandingan Agama, dan Akidah dan Filsafat, dan Fakultas Syariah dengan perbandingan Madzhab dan Hukum, dan jurusan Manajemen Lembaga Keuangan Islam. Sejak tahun 1996 ISID telah memiliki kampus sendiri di Demangan, Siman, Ponorogo.

Pasang Bingkai Bangga Jadi Santri Gontor Klik Di Sini

Pimpinan Pondok Gontor

Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo saat ini dipimpin oleh:

  1. Dr. Abdullah Syukri Zarkasyi
  2. Hasan Abdullah Sahal
  3. Syamsul Hadi Abdan

Visi dan Misi Pondok Gontor

Visi: Sebagai lembaga pendidikan pencetak kader-kader pemimpin umat, menjadi tempat ibadah talab al-'ilmi; dan menjadi sumber pengetahuan Islam, bahasa al-Qur'an, dan ilmu pengetahuan umum, dengan tetap berjiwa pesantren.

Misi:

  • Membentuk menciptakan yang unggul menuju terbentuknya khaira ummah.
  • Mendidik dan mengembangkan menciptakan mukmin-muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengeta-huan luas, dan menyatakan bebas, serta berkhidmat kepada masyarakat.
  • Mengajarkan ilmu pengetahuan agama dan umum secara seimbang menuju terbentuknya ulama yang intelek.
  • Mewujudkan warga negara yang berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Sistem Pendidikan

Orientasi Pendidikan & Pengajaran Pondok Modern Darussalam Gontor diarahkan pada Keislaman, Keilmuwan dan Kemasyarakatan yang bertujuan membentuk pribadi santri beriman, bertakwa, dan berakhlak karimah yang dapat mengabdi pada umat dengan penuh keihlasan dan aktif dalam memberdayakan masyarakat.

Maka PMDG mencanangkan bahwa “Pendidikan lebih penting dari Pengajaran”. Sementara strategi pendidikan Pondok Modern Darussalam Gontor yaitu kehidupan pondok dengan segala totalitasnya menjadi media pembelajaran dan pendidikan. Selain itu, Pondok Modern Darussalam Gontor juga menerapkan sistem pendidikan berbasis komunitas yaitu segala yang didengar, dilihat, dirasakan, dikerjakan, dan diminta oleh para santri dan warga Pondok untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kurikulum Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah (KMI)

Kurikulum KMI terdiri dari Ilmu Pengetahuan Umum 100%, Ilmu Pengetahuan Agama 100%.

Hal ini menunjukkan bahwa antara ilmu agama dan umum tidak dapat dikumpulkan, semuanya ilmu Islam. Semua bersumber dari Allah dengan segala ciptaan-Nya atau segala sesuatu yang lahir dari ciptaan-Nya.

Secara mendasar, landasan yang kedua macam ilmu tersebut adalah untuk membekali siswa dengan dasar-dasar ilmu menuju kesempurnaan menjadi 'abid dan khalifah.

Kurikulum KMI tidak terbatas pada pelajaran di kelas saja, melainkan keseluruhan kegiatan di dalam dan di luar kelas merupakan proses pendidik-an yang tak terpisahkan.

Secara garis besar materi kependidikan termasuk: Keimanan, Keislaman, Akhlak Karimah, Keilmuan, Kewarganegaraan, Kesenian & Keterampilan, Kewirausahaan, Dakwah & Kemasyarakatan, Kepemimpinan, Manajemen, Keguruan, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Kewanitaan (khusus pesantren putri)

Program pendidikan

Intra Kurikuler: Dirasah Arabiyah (Studi Arab), Dirasah Islamiyah (Studi Islam), Keguruan, Bahasa Inggris, Ilmu Pasti, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kewarganegaraan (Keindonesiaan)

Ko Kurikuler: Ibadah amaliyah sehari-hari, Extensive Learning (belajar tutorial), kajian kitab, pembinaan bahasa asing, pidato / diskusi 3 bahasa, publikasi, seminar, dll.), Praktik dan Bimbingan (mengajar, etiket / sopan santun, dakwah)

Ekstra Kurikuler: Latihan dan praktik berorganisasi (kepemimpinan, administrasi dan manajemen), latihan dan kursus-kursus (kepramukaan, keterampilan, kesenian, kesehatan, pidato / diskusi 3 bahasa, olahraga, koperasi dan kewirausahaan, & sadar lingkungan), dinamika kelompok wajib & atau pilihan / minat

Guru KMI

Berasal dari tamatan KMI Gontor, atau lulusan KMI yang telah belajar di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri; dan wajib bertempat tinggal di asrama.

Tugas:

Sebagai guru / pendidik;

Sebagai mahasiswa ISID;

Sebagai pembantu Pondok: tata usaha, pengurus unit usaha, pembimbing kegiatan santri, dll.

Kegiatan KMI

Kegiatan Harian: KBM di kelas dan Lab. IPA.

Kegiatan Mingguan: Pertemuan Guru (setiap Kamis siang), Pertemuan Ketua Kelas, Rapat Pengurus KMI (setiap Rabu malam).

Kegiatan Tengah Tahunan: Ujian Tengah Semester I & II dan Ujian Akhir Semester I & II.

Kegiatan Tahunan: Kajian kitab klasik dan kontemporer, latihan membuka kamus arab, praktek mengajar, tur studi ekonomi, karya ilmiah, manasik haji.

Bentuk Evaluasi / Ujian: Semester Tengah, Semester, dan Akhir (EBTA).

Semester & EBTA: Lisan; Tulis; dan Praktek.

Syarat Masuk KMI

Tamat SD / MI atau SLTP (program utk Intensif).

Lulus Tes Lisan: Al-Qur'an dan Ibadah.

Lulus Tes Tulis: Hitung Angka, Hitung Soal, Bahasa Indonesia, dan Imla '(dikte arab).

Sehat jasmani & rohani (pemeriksaan di BKSM Pondok Modern Gontor).

Memenuhi persyaratan administrasi.

Siap bertempat tinggal di asrama.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Pramuka

Olahraga

Kesenian

Latihan Pidato dlm bhs Indonesia, Arab, dan Inggris

Khutbah Jum'at

Tau'iyah Diniyah

Diskusi

Kursus Komputer

Praktek di Laboratorium Bahasa

Kursus Jurnalistik

Majalah Dinding dlm bhs Arab dan Inggris

Baca buku di Perpustakaan

Keterampilan

Praktek Manajemen Organisasi dan Koperasi

Bersih Lingkungan, dll.


Jenjang pendidikan

KMI (Kulliyatul Mu'allimin / Mu'allimat Al-Islamiyyah)

Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah (KMI) adalah Lembaga pendidikan khusus santri putra tingkat menengah, dengan masa belajar 6 atau 4 tahun, setingkat Tsanawiyah dan Aliyah. KMI didirikan pada 19 Desember 1936, setelah Pondok Modern Darussalam Gontor berusia 10 tahun.

Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyyah (KMI) adalah Lembaga pendidikan khusus santri putri tingkat menengah, dengan masa belajar 6 atau 4 tahun, setingkat Tsanawiyah dan Aliyah. Pendirian KMI Pondok Gontor Putri merupakan wasiat para Pendiri PMDG. Maka sesuai keputusan Badan Wakaf PMDG, pada tanggal 7 Rabiul Awwal 1411, Pondok Modern Gontor Putri resmi didirikan di Mantingan, Ngawi. Pesantren putri berjarak 100 km dari Pondok Modern Gontor. Kurikulum dan program pembelajaran Gontor Putri serupa dengan KMI Gontor, dengan muatan lokal dan kontrol pada pembekalan santriwati untuk menjadi wanita shalihah.

Universitas Darussalam

Universitas Darussalam (UNIDA) adalah Perguruan Tinggi yang bersifat Pesantren di mana seluruh mahasiswa berada di dalam asrama kampus di bawah bimbingan rektor (sebagai kyai). UNIDA didirikan pada 1 Rajab 1383/17 November 1963 oleh Trimurti PMDG dan di bawah pengelolaan Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor. Saat ini Prof.Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, MA sebagai Rektor dan berbagai fakultas dalam berbagai strata pendidikan, yaitu:

Fakultas Ushuluddin: PerbandingaÄ·n Agama, Akidah dan Filsafat Islam, Ilmu al-Quran dan Tafsir

Fakultas Tarbiyah: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab

Fakultas Syariah: Perbandingan Madzhab dan Hukum, Hukum Ekonomi Islam

Fakultas Ekonomi dan Manajemen: Ekonomi Islam, Manajemen Bisnis

Fakultas Humaniora: Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Kesehatan: Farmasi, Ilmu Gizi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Fakultas Sains dan Teknologi: Teknik Informatika, Agroteknologi, Teknologi Industri Pertanian

Pondok cabang dan pondok alumni

Pondok cabang

Mengingat tingginya minat masyarakat untuk memasukkan anaknya di Gontor dan keterbatasan fasilitas yang tersedia di Kampus Pondok Modern Darussalam Gontor serta untuk memberikan bekal yang lebih baik kepada calon santri yang ingin masuk di Pondok Modern Darussalam Gontor, akhirnya dibuka cabang-cabang Gontor di beberapa tempat:

Pondok Modern Gontor 2 Desa Madusari, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Pondok Modern Gontor 3 “Darul Ma'rifat” Desa Sumbercangkring, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Pondok Modern Gontor 4 (Putri) terdiri dari:

Pondok Modern Gontor Putri 1 Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Pondok Modern Gontor Putri 2 Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Pondok Modern Gontor Putri 3 Desa Karangbanyu, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Pondok Modern Gontor Putri 4 Desa Lamomea, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara

Pondok Modern Gontor Putri 5 Dusun Bobosan, Desa Kemiri, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Pondok Modern Gontor Putri 6 “Ittahadul Ummah” Kelurahan Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah

Pondok Modern Gontor Putri 7 Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau

Pondok Modern Gontor 5 “Darul Muttaqien” Desa Kaligung, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Pondok Modern Gontor 6 “Darul Qiyam” Desa Mangunsari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Timur

Pondok Modern Gontor 7 “Riyadhatul Mujahidin” Desa Pudahoa, Kecamatan Landono, Kabupaten Kendari, Sulawesi Tenggara

Pondok Modern Gontor 8 Desa Labuhan Ratu VI, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Lampung

Pondok Modern Gontor 9 Desa Tajimalela, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung

Pondok Modern Gontor 10 “Darul Amien” Desa Meunasah Baro, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, Aceh

Pondok Modern Gontor 11 Talago Loweh, Desa Bubuh Limau, Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumatera Barat

Pondok Modern Gontor 12 Desa Parit Culum 1, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi

Pondok Modern Gontor 13 “Ittihadul Ummah” Kelurahan Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah

Pondok Modern Gontor 14 Desa Lubuk Jering, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau

Sintesis dan orientasi Pondok Modern Darussalam Gontor mencakup semua nilai-nilai kepondokkan yang terpadu dan dinamis.


Pondok Modern Darussalam Gontor bercermin pada lembaga-lembaga pendidikan internasional terkemuka untuk mewujudkan sebuah lembaga pendidikan berkualitas. Empat lembaga pendidikan yang menjadi sintesis Pondok Modern Darussalam Gontor adalah:

Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, yang memiliki wakaf yang sangat luas sehingga mampu mengutus para ulama ke seluruh penjuru dunia, dan memberikan beasiswa bagi ribuan pelajar dari berbagai belahan dunia untuk belajar di Universitas tersebut.

Aligarh, terletak di India yang memiliki perhatian sangat terhadap perbaikan sistem pendidikan dan perawatan.

Syanggit, di Mauritania, yang berada kedermawanan dan keihlasan para pengasuhnya.

Santiniketan, di India, dengan segenap kesederhanaan, ketenangan dan kedamaiannya.

Alumni Pondok

Alumni Pesantren Gontor terkenal di seluruh nusantara dan tergabung dalam Forum Alumni Pesantren (FPA) Gontor. Menurut KH Hasan Abdullah Sahal, saat bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres pada 10 Maret 2016, Alumni Pesantren Gontor yang sudah terdata sudah terdata 380 pesantren dan masih banyak lagi yang belum terdata. Saat ini FPA Gontor diketuai oleh Dr. KH Zulkifli Muhadli.


Kontak Pondok Gontor

Kontak: Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat

Gontor - Mlarak - Ponorogo - Jawa Timur - Indonesia 63472

Telepon dan Faksimile Sekretaris Pimpinan (0352) 311 766

Email sekpim@gontor.ac.id

Pengasuhan Santri (0352) 311711/311 911/313 102

Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) (0352) 313336

Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Pusat (0352) 311586

Yayasan Pemeliharaan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern (YPPWPM) (0352) 311738

Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat (BKSM) (0352) 313 052

Suara Gontor (Suargo) FM (0352) 313100

Wisma Darussalam (Wisda) Gontor (0352) 311470


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2

Madusari - Siman - Ponorogo - Jawa Timur - Indonesia 63471

Telepon (0352) 489 140/483 729/482 670/488 570

Pondok Modern Gontor Kampus 3 'Darul Ma'rifat'

Sumbercangkring - Gurah - Kediri - Jawa Timur - Indonesia 64181

Telepon (0354) 548 261/545 115/545 317

Email sekpeng3@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1

Sambirejo - Mantingan - Ngawi - Jawa Timur - Indonesia 63257

Telepon (0351) 673 387/673 261/672 000/672 460/671 179

Email sekpengputri1@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2

Sambirejo - Mantingan - Ngawi - Jawa Timur - Indonesia 63257

Telepon (0351) 673 263/673 256/672 646

Email sekpengputri2@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3

Karangbanyu - Widodaren - Ngawi - Jawa Timur - Indonesia 63257

Telepon (0351) 673 520/673 732/673 519/673 523

Email sekpengputri3@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 4

Lamomea - Konda - Konawe Selatan - Sulawesi Tenggara - Indonesia 93874

Telepon (0401) 326 859/300 7647/300 8765

Email sekpengputri4@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 5

Bobosan - Kemiri- Kandangan - Kediri - Jawa Timur - Indonesia 64294

Telepon (0354) 326 859/706 7200

Faksimile (0354) 326777

Email sekpengputri5@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 6 'Ittihadul Ummah'

Desa Tokorondo Kec. Poso Pesisir, Sulawesi Tengah

Email sekpengputri6@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7

Rimba Panjang - Tambang - Kampar - Riau 28464

Email sekpengputri7@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 5 'Darul Muttaqien'

Kaligung - Rogojampi - Banyuwangi - Jawa Timur - Indonesia 68462

Telepon (0333) 632 546

Email sekpeng5@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 6 'Darul Qiyam'

Gadingsari - Mangunsari - Sawangan - Magelang - Jawa Tengah - Indonesia 56481

Telepon (082) 293 1291 / (0293) 580 8641

Email sekpeng6@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 'Riyadhatul Mujahidin'

Pudahoa - Mowila - Konawe Selatan - Sulawesi Tenggara - Indonesia 93873

Telepon (0401) 329 574 / (0411) 402 330

Email sekpeng7@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 8

Labuhan Ratu 6 - Labuhan Ratu - Lampung Timur - Lampung - Indonesia 34196

Email sekpeng8@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 9

Kubu Panglima - Taji Malela - Kalianda - Lampung Selatan - Lampung - Indonesia 35551

Telepon (0727) 700 0230

Email sekpeng9@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 10 'Darul Amin'

Meunasah Baro - Seulimeum ​​- Aceh Besar - Nangroe Aceh Darussalam - Indonesia 23951

Telepon (0742) 285 29

Email sekpeng10@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 11

Bubuh Limau, Mandi Mandi an, Ompang Talago Lawe, Sulit Air, Solok, Sumatera Barat.

Email sekpeng11@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 12

Parit Culum 1, Muara Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur, Jambi

Email sekpeng12@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 13 'Ittihadul Ummah'

Desa Tokorondo Kec. Poso Pesisir, Sulawesi Tengah

Email sekpeng13@gontor.ac.id


Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 14

Lubuk Jering - Sungai Mandau - Lubuk Jering - Siak - Siak - Riau 28671

Email sekpeng14@gontor.ac.id


Situs web: www.gontor.ac.id

Penulis: www.wikisantri.id


  

Komentar0

Type above and press Enter to search.