TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Siapa Itu Santri ? All About Santri

Siapa Itu Santri ?

Sebelum kita lebih jauh membicarakan tentang apa itu santri? bagaimana menjadi santri? bagaimana cara mondok dan berapa lama mondok di pesantren itu? dan segala hal tentang santri. Mari kita simak salah satu Kang Santri yang satu ini, santri dengan segala keistimewaan. 

KH. Abdurrohman Wahid atau Gus Dur, sang santri istimewa dan santri terkeren di seluruh dunia. Santri dan pengasuh pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur. Cucu KH. Hasyim Asyari pendiri Nahdlatul Ulama. 

Gus Dur sangat cerdas, ia juga budayawan, menjadi tokoh sosial, sosok humoris seperti pelawak dengan joks-joksnya, petuah kata-kata yang diucapkan menjadi quotes yang terbukti benar. 

Beliau juga pernah menjadi presiden (pemimpin negara), gus dur itu wali, gus dur juga kyai, ia juga pebisnis berharta (kaya), pendidik, orangtua yang sayang pada anak-anaknya, suami yang setia kepada istrinya.  

Popularitas, jabatan, kekuasaan, pengaruh, harta, keluarga, ilmu, wawasan, selera humor dan banyak lain sebagainya dimiliki. 

Apalagi yang belum dimiliki dan dikuasai oleh sosok Gus Dur? Barangkali tidak ada tulisan yang sanggup mengungkapkan keseluruhan sosok gus dur. 



KH. Abdurrahman Wahid, Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur

Baik, kenalkan saya penulis bernama Agus Manshurudin, S.Pd. alumni Pondok Pesantren Al Ittihad Jungpasir Wedung Demak Jawa Tengah (2003-2007), alumni Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Pare Kediri Jawa Timur (2007-2013). Lulusan sarjana pendidikan (S1) dari Institut Agama Islam Negeri Kudus atau IAIN Kudus (2015-2019). 

Sekarang aktif mengajar di MTs NU Al Munawwaroh dan Madin Mafatihuddiniyah Lau Dawe Kudus. Selain mengajar saya juga aktif menjadi publisher website (blogger) dan media sosial. Suka desain grafis, menulis dan berkreatifitas.      

Tulisan ini akan saya buat sesederhana mungkin, dengan gaya bebas. Sebagian akan penulis ambil dari referensi dan nara sumber yang jelas. Sebagian lainnya adalah pendapat dan pengalaman penulis.  

Penulis ingin memberikan edukasi segala hal yang berkaitan dengan santri dan pondok pesantren. Karena sesungguhnya tulisan ini terinspirasi dari banyak orang (non santri) yang penulis jumpai menanyakan apa dan bagaimana menjadi santri. 

Anda juga bisa bertanya ataupun memberikan pendapat dengan menulis di kolom komentar. Insyaallah akan kami berikan jawaban dan tanggapan sesegera mungkin. 

~ All About Santri ~

Kupas Tuntas Ngalor Ngidul tentang Santri

Siapa itu santri?
Bagaimana cara menjadi santri?
Berapa lama santri ngaji?
Bagaimana ciri-ciri ilmu santri?
Dimana santri ngaji?
Ilmu apa saja yang di pelajari santri?
Santri kelak jadi apa?
Apakah setiap santri jadi guru dan Kyai?
Di mana pondok pesantren yang terbaik?
Bagaimana cara memilih Kyai yang tepat?
Apakah santri boleh pacaran?
Bagaimana cara hidup santri di pondok?
Apakah santri bisa maksiat?
Bolehkan santri merokok?
Kenapa santri suka kopi?
Beda Kyai beda, hasilnya beda Karakter dan Pemikiran Santri

Komentar0

Type above and press Enter to search.