TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Doa Awal Tahun Baru Hijriyah dan Kisah Imam Ghazali Towaf Bersama Nabi Khidhir AS.

Kisah Imam Ghazali dan Nabi Khidhir AS saat Tahun Baru Hijriyah

Suatu ketika Hujjatul Islam Imam Ghazali melaksanakan thowaf di Baitul Haram Makkah, tepatnya pada tanggal 1 Muharrom, hari tahun baru Hijriyah. Kemudian terbersit dalam benak Al Ghazali ingin bertemu kepada Nabi Khidhir ‘Alaihis salam.

Kemudian Imam Ghazali mendapat ilham dari Allah atas rahmatnya akan suatu bacaan do’a agar bisa bertemu dengan Nabiyyulloh Khodlir ‘Alaihis salam. Namun sebelum do’a itu selesai ia baca, nampaklah dari kejauhan seseorang yang mulia yaitu Nabiyyulloh Khodlir ‘Alaihis salam- di tempat thowaf.

Kemudian Imam Ghazali segera berthowaf bersama orang tersebut. Imam Ghazali melakukan thowaf sebagaimana apa yang Nabi Khidhir AS lakukan. Al Ghazali pun membaca sebagaimana yang Nabi Khidihir AS baca hingga selesai.

doa tahun baru hijriyah, imam ghazali, nabi khidhir, tahun baru hijriyah 2019

Kemudian Imam Ghazali duduk menghadap Ka’bah. Tak lama kemudian Nabi Khidir AS menoleh kepadanya seraya berkata, “Hai Muhammad ! Apa yang membuatmu memohon kepada Allah agar bertemu denganku pada hari ini di Tanah Haram ?” lalu Imam Ghazali segera menjawabnya dengan memohon kepada Allah, “Wahai Tuanku ! hari ini adalah hari tahun baru Hijriyah. Aku ingin mengikutimu. Aku ingin menyambutnya dengan ibadahmu dan tadlorru`mu” 

Kemudian Nabi Khidhir AS pun menyahut Al Ghazali, “Oh, ya. Sekarang sholatlah dengan sempurna. “Kemudian Imam Ghazali melakukan sholat seperti apa yang beliau perintahkan. “Sekarang berdo’alah kepada Allah dengan do’a dari Rosulullah yang mengumpulkan segala kebaikan dan keberkahan ini !” 

Dan inilah do’a yang diberikan Nabi Khidir AS kepada Imam Ghazali saat itu : 

الدعاء المأثور الجامع للخيرات والبركات
بسم الله الرحمن الرحيم. الحمد لله رب العالمين. اللهم إني أسألك بك أن تصلي وتسلم على على سيدنا محمد وعلى سائر الأنبياء والمرسلين وعلى آلهم وصحبهم أجمعين. وأن تغفر لي ما مضى وتحفظني فيما بقي يا أرحم الراحمين. اللهم هذه سنة جديدة مقبلة
لم أعمل في ابتدائها عملا يقربني اليك زلفى غير تضرعي إليك, فأسألك أن توفقني لما ترضيك عني من القيام بما لك علي من طاعتك. وألزمتني الإخلاص فيه لوجهك الكريم في عبادتك. وأسألك إتمام ذلك علي بفضلك ورحمتك.

Doa Ma’tsur yang menumpulkan kebaikan dan keberkahan

Bismillahirrohmanirrahim. Segala Puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah saya mohon atas-Mu untuk memberikan rahmat dan keselamatan bagi Nabi Muhammad SAW dan kepada seluruh Nabi dan Rasul. Kepada keluarga dan semua sahabat para Nabi. Aku mohon juga engkau memaafkan segala sesuatu (kesalahan) yang telah lalu dan semua kesalahan yang akan datang wahai dzat paling kasih sang pengasih.

Ya Allah, ini adalah tahun baru Hijriyah yang aku hadapi. Aku tidak melakukan amal yang mendekatkank kepadamu dalam permulaannya kecuali aku bersimpuh kepadamu. Maka aku memohon kepadamu untuk memberi taufiq pertolongan yang engkau ridhoi. Untuk dapat dapat melaksanakan amal ibadah taat kepadamu.

Dan tetapkanlah padaku rasa ihlas dalam ibadah menghadap kepadamu yang mulia. Dan aku memohon kesempurnaan beribadah kepadamu dengan anugrah dan rahmatmu.


Demikianah Kisah Imam Ghazali dan Nabi Khidhir AS saat tahun baru hijriyah. Semoga bermanfaat.

Komentar1

Type above and press Enter to search.