TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Dahsyatnya Dzikir dan Wirid Usai Shalat Jumat

Ilmusantri.net- Setelah satu pekan lamanya kita disibukkan dengan urusan dunia, maka pada hari ini Hari Jumat sehari saja kita luangkan untuk bermunajat kepada Allah. Hari Jumat adalah hari yang paling utama dibandingkan hari-hari lainnya. Hari Jumat juga disebut Sayyidul Ayyam atau Tuannya hari. Imam Abu Hamid al-Ghazali menyebut hari Jumat sebagai hari raya kaum mukmin (‘îdul mu’minîn) dalam Kitab Bidâyatul Hidâyah, pernyataan ini selaras dengan hadits yang diriwayatkan Imam Thabrani.
Kemuliaan samudra rahmat Allah terhampar luas untuk hamba-hamba-Nya pada hari jumat. Banyak sekali keistimewaan dan sunnah-sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan di hari ini. Salah satunya adalah dzikir atau wirid usai shalat jumat.

Hari jumat juga merupakan saat-saat tepat dan penting bagi umat untuk memanjatkan doa. Salah satu waktu mustajab untuk terkabulnya doa adalah pada hari jumat ini. Dzikir usai Shalat Jumat dilaksanakan mengikuti gerakan imam, jamaah hendaknya tidak langsung pergi begitu saja, tetapi duduk di tempat ia shalat jumat.

Wirid dan Doa Usai Sholat Jumat

Dalam Kitab Bidâyatul Hidâyah Imam al-Ghazali menjelaskan, selepas shalat sebelum lisannya mengucapkan apa pun, seseorang hendaknya membaca wirid dan doa berikut:

   1. Surat al-Fatihah sebanyak tujuh kali
   2. Surat al-Ikhlas sebanyak tujuh kali
   3. Surat al-Falaq sebanyak tujuh kali
   4. Surat an-Nas sebanyak sebanyak tujuh kali

Selanjutnya baca doa berikut 4x:

 اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ 
أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ 

Latin: Allâhumma yâ ghoniyyu yâ hamîd, yâ mubdi’u wa mu‘id, yâ rahîmu yâ wadûd. Aghninî bi halâlika ‘an haromik, wa tho‘atika ‘an ma‘shiyatik, wa bi fadhlika ‘am man siwâka. 

Artinya: “Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu.

Namun jika anda sebagai jamaah shalat jumat, cukup mengamini doa yang dibaca Imam shalat.

(Dapatkan Tasbih Manjing Sholawat langsung dari Pengrajin https://www.facebook.com/vian.sofianto)

Manfaat dan Fadhilah Wirid dan Doa Usai Sholat Jumat

Kata Imam al-Ghazali wirid dan doa tersebut, akan menjadi benteng dan memelihara seseorang dari gangguan syaitan, selama satu pekan mulai dari satu Jumat ke Jumat berikutnya. Begitu seterusnya.

Dalam kitab Bughyah al-Mustarsyidin juga dijelaskan beberapa dzikir dan faedahnya, pada hari Jum’at;
ﻓﺎﺋﺪﺓ : ﻭﺭﺩ ﺃﻥ ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﻭﺍﻹﺧﻼﺹ ﻭﺍﻟﻤﻌﻮﺫﺗﻴﻦ ﺳﺒﻌﺎً ﺳﺒﻌﺎً ﻋﻘﺐ ﺳﻼﻣﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﻳﺜﻨﻲ ﺭﺟﻠﻴﻪ

Faidah: Barangsiapa membaca surat al-Fatihah, al-Ikhlas dan surat al-Mu’awwidzatain (al-Falaq dan an-Naas) masing-masing tujuh kali setelah ia salam dari shalat Jum’at sebelum ia melipat kedua kakinya (dalam arti kakinya masih dalam posisi Tasyahud Akhir)

ﻏﻔﺮ ﻟﻪ ﻣﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻣﻦ ﺫﻧﺒﻪ ﻭﻣﺎ ﺗﺄﺧﺮ ، ﻭﺃﻋﻄﻲ ﻣﻦ ﺍﻷﺟﺮ ﺑﻌﺪﺩ ﻣﻦ ﺁﻣﻦ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ، ﻭﺑﻮﻋﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺍﻷﺧﺮﻯ ،
maka diampunilah dosa yang telah ia jalani, diberikan pahalanya orang beriman pada Allah dan Rasul-Nya, dan dijanjikan diajauhkan dari kejelekan hingga Jum’at berikutnya.”

Kemudian juga Sayyid Abdil Wahhab Assya’rani menjelaskan: “Barang siapa istiqomah membaca dua syair ini pada setiap hari Jum’at, maka Allah akan mengambil nyawanya dalam keadaan Islam dengan tanpa ragu, dua syair bait itu adalah:

ﺇﻟﻬﻲ ﻟﺴﺖ ﻟﻠﻔﺮﺩﻭﺱ ﺃﻫﻼ * * ﻭﻻ ﺃﻗﻮﻯ ﻋﻠﻰ ﻧﺎﺭ ﺍﻟﺠﺤﻴﻢ

ILAHI LASTU LIL FIRDAUSI AHLA # WALA AQWA ALAN NARIL JAHIMI

Ya Allah aku tidaklah pantas menjadi ahli surga
Namun aku juga tidak kuat menghuni neraka

ﻓﻬﺐ ﻟﻲ ﺗﻮﺑﺔ، ﻭﺍﻏﻔﺮ ﺫﻧﻮﺑﻲ * * ﻓﺈﻧﻚ ﻏﺎﻓﺮ ﺍﻟﺬﻧﺐ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ

FAHAB LI TAUBATAN WAGHFIR DHUNUBI # FAINNAKA GHOFIRUD DZANBIL ADZIMI

Maka berikanlah aku taubat, maafkan segala dosa-dosaku. 
Karena engkau maha pengampun dosa besar

Dan sebagian Ulama berpendapat “dua bait diatas dibaca lima kali setiap setelah Shalat Jum’at”.

Dengan demikian Dahsyatnya Dzikir dan Wirid Usai Jumat perlu sekali kita jalankan dengan istiqomah. Dengan harapan Allah menjaga kita selama satu pekan untuk dijauhkan dari segala keburukan dan terampuni segala dosa kita. Amin

Komentar0

Type above and press Enter to search.