TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Masa Haid Siklus Pendek dan Panjang - Belajar Haid Part 3

Belajar masa haid adalah kewajiban bagi setiap wanita untuk menentukan jumlah kebiasaan ia dalam siklus haid yang akan dijalani selanjutnya. Masa haid dapat berubah tergantung dengan kondisi fisik maupun psikis seorang wanita. Masa haid dengan siklus pendek merupakan minimal wanita mengeluarkan darah hingga disebut darah haid. Sedangkan siklus panjang haid merupakan batasan maksimalnya.

Berapakah masa haid siklus pendek dan siklus panjang haid seorang wanita?

Masa minimal haid adalah 24 jam (yaitu wanita mengeluarkan darah yang mana bila dikumpulan durasi keluar mencapai 24 jam, walaupun keluarnya tidak terus-menerus). Dan masa maksimal adalah 15 hari 15 malam. Sedangkan rata-rata wanita dalam mengeluarkan darah haidl adalah enam hari atau tujuh hari.

Maka bila ada darah keluar selama 24 jam atau lebih dan dalam kurun waktu yang tidak melebihi 15 hari 15 malam, maka seluruh darah itu disebut darah haidl meskipun bermacam-macam warna dan sifatnya, dan meskipun diantara masa-masa itu ada waktu yang tidak keluar darah sama sekali.

Contoh 01 : 
hari pertama mengeluarkan darah selama 6 hari
hari ke-7 hingga hari ke-10 tidak mengeluarkan darah
hari ke-11 hingga hari ke-13 mengeluarkan darah.
Maka :
Hukum haidlnya adalah 13 hari.

Contoh 02 : 
hari pertama mengeluarkan darah selama 4 hari
hari ke-5 hingga hari ke-8 tidak mengeluarkan darah
hari ke-9 hingga hari ke-11 mengeluarkan darah.
Maka :
Hukum haidlnya adalah 11 hari.

Hukum yang demikian ini adalah hukum yang paling kuat dan banyak diikuti oleh para ‘ulama’. Yakni mulai hari-hari haidl yang pertama hingga yang terakhir dan termasuk hari-hari yang tidak keluar darah, seluruhnya disebut masa haidl. Dan pendapat ini disebut Qoul Sahbi.

Sedangkan menurut pendapat lain pada contoh 01 yang termasuk haidl adalah 9 hari dan pada contoh 02 adalah 7 hari. Yakni yang disebut haidl adalah hanya hari-hari yang keluar darah saja dan selain hari-hari itu disebut masa suci. Namun pendapat ini kurang kuat dan jarang diikuti.  Pendapat ini disebut qoul laqthi.

Ciri-ciri darah masih keluar tidak cukup dilihat dari luar saja. Akan tetapi harus lebih cermat lagi. Cara mengetahui bahwa darah masih keluar adalah dengan memasukkan semisal kapas pada vagina hingga lebih dalam dari tempat yang biasa dilakukan bersuci. Maka bila masih ada bercak darah maka bisa dikatakan bahwa darah masih keluar (ittishol). Bila tidak ada bercak darah maka sudah dianggap mampat (inqitho’). t

Demikian Masa Haid Siklus Pendek dan Panjang - Belajar Haid 3. Semoga Bermanfaat. 

Komentar0

Type above and press Enter to search.