TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Doa Agar Tidak Malas Bekerja Usai Pandemi


Doa Agar Tidak Malas Bekerja Usai Pandemi Covid 19, ilmusantri.net


Contributor: Ana Tasbiha  

Selamat pagi kak, salam semangat berjuang mencari rizqi Allah yang maha kuasa. Malas adalah sifat tidak mau berusaha menggerakkan badan maupun fikiran untuk mencapai sesuatu dalam kondisi tertentu. Sifat malas wajar terjadi pada setiap manusia, namun malas seringkali menjadi penghambat seseorang dalam usaha mencari rizki Allah, malas dalam mencoba usaha baru, malas dalam konsisten usahaha lama yang belum banyak hasilnya, malas berkerja karena hanya berangan-angan sesuai pencapaian yang besar. Apapun bentuknya sifat malah adalah suatu hal buruk yang harus diperangi.

Terkadang begitu mudah seseorang menyalahkan sebuah kemalasan terbenam dalam dirinya.  Menganggap semua ini takdir tuhan, hanya menanti dan menanti datangnya rizky dari orang lain atau mengharap kepada Tuhan tanpa mau berusaha. Saat seseorang ditanya; kenapa kamu tidak bekerja? Jawabnya: masa bodoh rejeki sudah ditanggung tuhan, nanti juga ada jalannya, nanti kalau sudah waktunya dapat kerja ya dapat dst. Semua pemikiran tersebut adalah hal yang keliru. Karena dalam perjalanan kehidupan Allah mensyariatkan manusia untuk bekerja kasab, sesuai posisi dan derajatnya.
doa menghilangkan rasa malas untuk sholat, doa agar semangat bekerja, doa agar rajin belajar, doa agar tidak malas dan ngantuk, hadits tentang malas, doa doa semangat, doa supaya tdk malas rasa malas melanda orang malas dalam islam, lafaz dalam doa nabi muhammad yang artinya, malas adalah, doa biar ruqyah menghilangkan rasa malas

Dalam tasawuf Islam, derajat manusia tentang riqzi Allah terbagi menjadi dua. Ada maqom kasab, maqom tajrid. Maqom tajrid adalah tempat atau wilayah seseorang yang hanya memikirkan ibadah kepada Allah, rizki mereka datang sendiri. Seperti para waliyullah, para ulama yang tida mementingkan dunia (zuhud). Allah memberikan rizki pada mereka tanpa berusaha (bekerja). Sedangkan maqom kasab adalah wilayah dimana seseorang akan diberikan rizky yang dijanjikan padanya dengan usaha dan upaya. Besar kecil rizki sesuai usaha mereka.

Faktor Utama Orang Malas

Dalam menangani segala penyakit, seseorang perlu tau apa penyababnya. Dari sebab atau faktor-faktor tersebut akan bermanfaat untuk intropeksi diri, selanjutnya membenahi dan memperbaiki segala kekurangan yang dimiliki. Lalu apa faktor malas bekerja yang umumnya terjadi pada seseorang:
  • Tidak yakin dengan Bagian Rizky yang diberikan padanya. Allah berfirman dalam Alquran bahwa setiap makhluk hidup di dunia ini pasti dijatah rizky. Dengan meyakini bahwa sebenarnya rizky kita telah ada, maka harus kita jemput dan temukan dengan usaha lahir batin.
  • Belum memiliki kebutuhan yang banyak. Mudah kata masa ini adalah masa para pemuda, jomblo, singel. Sifat malas
  • Tidak mau mencoba hal baru
  • Tidak bisa (tidak punya ilmu) tentang suatu bisnis atau usaha.
  • Tidak mau move on dari satu keahlian kepada keahlian lain.
  • Masih nyaman dengan dunia hiburan dan bermain
  • Dan faktor-faktor lain yang sebenarnya itu adalah perasaan yang tidak perlu disimpan. Namun harus segera bangkit dan yakin akan kesuksesan masa depan.


Setelah seseorang bangkit memulai bekerja. Hal yang juga sangat penting adalah berdoa. Memantaskan diri sebagai makhluk Tuhan yang taat, meyakinkan hati menjemput rizky dan membentengi dari segala keburukan yang akan datang.

Doa Saat Malas Bekerja

Dalam hadits lain, diriwayatkan Imam Bukhari, dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anh menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah memohon perlindungan dengan berdoa:

 اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، 
وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli “

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung padaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

Doa Agar Tidak Malah Bekerja dan Dijauhakn Dari Fitnah Fakir dan Dicukupi Allah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسَلِ وَالهَرَمِ، وَالمَأْثَمِ وَالمَغْرَمِ، وَمِنْ فِتْنَةِ القَبْرِ، وَعَذَابِ القَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الغِنَى، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الفَقْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الَمسِيحِ الدَّجَّال

Allahumma inni a’uzubika minal kasali wal harami wal ma’tsami wal maghrami wamin fitantil qobri wamin fitnatin nar wa ‘azabin nar wamin syarri fitnatil ghina wa a’uzubika min fitnatil faqri wa a’uzubika min fitnatil masihid dajjal.

Ya Allah aku berlindung dari sifat malas dan pikun. Dan juga dari keburukan dan fitnah kubur dan siksa kubur. Dan juga fitnah neraka. Dari fitnah menjadi orang kaya dan fair. Serta belindung dari fitnah dajjal.

Bacalah Doa Agar Tidak Malas Berkerja. Agar Allah senantiasa memberikan kita semangat dan menghilangkan sifar malas yang ada pada diri kita. (Ana/Ilmusantri)

Baca Juga:
doa menghilangkan rasa malas untuk sholat
doa agar semangat bekerja
doa agar rajin belajar
doa agar tidak malas dan ngantuk
hadits tentang malas
doa doa semangat
doa supaya tdk malas
rasa malas melanda
orang malas dalam islam
lafaz dalam doa nabi muhammad yang artinya malas adalah
doa biar
ruqyah menghilangkan rasa malas

Komentar0

Type above and press Enter to search.