TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Sunnah dan Berkah Hari Jumat Bagi Wanita dan Kapan Waktu yang Tepat Untuk Sholat Dhuhur – Ilmusantri.Net

Ilmusantri.net - Meski tidak ada kewajiban menunaikan sholat Jumat bagi kaum wanita, karena fadhu ain jatuh kepada laki-laki. Namun tidak lantas kaum wanita tidak mendapatkan berkah di hari yang istimewa tersebut. Justru kaum wanita akan mendapatkan limpahan berkah dan kemuliaan pada hari Jumat.

Sebab, kemuliaan hari Jumat berlaku untuk semua umat Muslim, bagi kaum wanita yang ingin mendapatkan kemuliaan hari Jumat cukup dengan melakukan beberapa tahapan berikut ini.

Berkah Bagi Wanita di Hari Jumat

1. Lakukan Shalat (Salat) Dhuhur Awal Waktu

Rahasia pertama adalah, meski tidak menunaikan ibadah sholat Jumat, namun, kaum muslimah masih bisa mendapatkan pahala sunnah dengan cara melaksanakan shalat dhuhur pada awal waktu.

berkah hari jumat untuk wanita, keutamaan hari jumat bagi wanita, sunnah hari jumat rumaysho, amalan hari jumat untuk rezeki, amalan hari jumat untuk wanita haid, bacaan amalan hari jumat, keistimewaan hari jumat, 4 amalan terbaik di hari jumat

Selain itu, sholat dhuhur juga tidak boleh ditunda bahkan sampai dilalaikan, maka itu lakukan Sholat wajib Dzuhur tepat waktu, bisa dilakukan berbarengan dengan waktu Sholat Jumat, karena sebenarnya Sholat Jumat sudah masuk waktu Dzhuhur.

2. Sempatkan Membaca Surat Al Kahfi sebelum dan sesuh Sholat Dzuhur atau pada hari Jumat, sebelum pergantian waktu.

Sebenarnya hal ini tidak hanya berlaku bagi muslimah atau wanita, tetapi juga bagi kaum muslim. Maka itu, membaca surat Al Kahfi pada hari jumat. 

Hari Jumat dalam perhitungan pada kalender hijriah YAKNI, mulai pada pada hari Kamis petang di saat matahari terbenam sampai har Jumat petang di saat matahari terbenam. 

Sebagaimana tercantum dalam Al Hadist:“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.”

(HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani) 

2. Memperbanyak Shalawat dan Doa 

SELANJUTNYA, Keutamaan yang perlu dilaksanakan bagi kaum muslimah pada hari Jumat adalah lebih memperbanyak shalawat. 

Shalawat ini dibacakan pada hari Kamis petang saat matahari terbenam hingga Jumat petang saat matahari terbenam. 

Diriwayatkan Dalam Al Hadist:“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

(HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi) 

3. Lakukan Tata Cara Sebagaimana Hendak Sholat Jumat 

OKE, ritual yang satu ini tidak hanya dilakukan kaum lelaki, tetapi wanita pun wajib melakukannya, jika ingin mendapatkan berkah dan keistimewaan di hari Jumat.

 

A. Memotong Kuku dan Bersih-bersih 

Yang dilakukan oleh kaum Wanita Muslimah adalah membersihkan diri serta memotong kuku yang merupakan cara penambah keberkahan. 

Adapun kaum pria adalah memotong kuku, memotong kumis dan juga membersihkan diri secara khusus sebelum berangkat sholat Jumat. 

B Mandi jumat 

Nah, perkar Mandir pada Jumat adalah sangat penting, tetapi dilakukan juga secara khusus. Karena Jumat itu merupakan hari besar bagi kaum Muslimin, kaum wanita pun wajib berhias dan tampil cantik dan bersih. 

Sehingga penampilan dan juga fisik harus sangat disiapkan untuk menyambut dan menghias kemuliaannya. 

Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam sendiri juga sudah memperaktekkan sendiri bagaimana dimana Beliau menggunakan pakaian khusus di hari Jumat. 

Maka itu, meskipun mandi jumat tidak diwajibkan untuk wanita serta anak-anak, namun tetap baik untuk dilakukan. 

C. Sedekah

Laukan sedekah, ini juga salah satu keutamaan pada Jumat. Baik itu kamu wanita maupun pria. 

Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab z menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya”. (Mauquf Shahih) 

Berkah Dan Keistimewaan Yang Didapatkan 

1. Doa akan Dikabulkan 

Tidak hanya lelaki yang diharapkan untuk melaksanakan shalat dan juga memanjatkan sesuatu pada Allah, namun para wanita juga bisa melakukan hal serupa sebab di hari tersebut niscaya Allah akan mengabulkan permohonannya.

Rasulullah sudah memberi isyarat tentang gambaran sedikitnya waktu tersebut. 

Ibnu Qayyim Al Jauziah, setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu mengatakan, “Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah Ashar dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390). 

2. Hari Penghapusan Dosa-Dosa 

Hari Jumat juga menjadi hari penghapusan dosa tidak hanya untuk kaum muslimin namun juga kaum muslimah. 

Salman Al Farisi z berkata, 

“Rasulullah bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari). 

3. Terhindar Dari Siksa Kubur 

SEPERTI disebutkan dalam sebuah hadist jika ada seseorang yang meninggal di malam Jumat atau hari jumat, maka orang tersebut juga akan terhindar dari fitnah siksa kubur. 

“Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur”. (HR. Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash) 

4. Rizki Anda akan Berkelimpahan

 Hari jumat menjadi hari dimana rizki akan berkelimpahan. Di dalam Surat Al-Jumu’ah ayat ke 10, Allah berfirman, “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

 

Amalan Hari Jumat Bagi Perempuan yang Sayang Kalau Dilewatkan 

Amalan Hari Jumat Bagi Perempuan yang Sayang Kalau Dilewatkan

Salah satu amalan sunnah yang bisa dikerjakan perempuan adalah memotong kuku. Para ulama umumnya menganjurkan untuk memotong kuku yang kotor ini adalah di hari Jumat. Foto ilustrasi/ist

Sebagai hari istimewa dalam kalender Islam , Hari Jumat memberikan banyak berkah bagi kaum muslimin. Sebab pada hari Jumat tersebut, memiliki banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan yang sayang untuk dilewatkan atau disia-siakan begitu saja.

 

Allah Subhanahu wa ta'ala menjanjikan banyak pahala bagi setiap muslim yang melaksanakan amalan ibadah di setiap hari Jumat tersebut, termasuk bagi kaum perempuan. Untuk itulah, muslimah perlu mengetahui tentang amalan hari Jumat untuk perempuan ini, antara lain:

 

1. Membaca shalawat Nabi SAW 

Membaca salawat pada hari biasa, sudah akan memberikan banyak kelimpahan pahala dan syafaat Rasul kelak di yaumil kiyamah. Apalagi bila dilakukan pada hari yang paling istimewa yaitu hari Jum'at. 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda; “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jum’at, maka sesungguhnya ia disaksikan, disaksikan para Malaikat. Dan sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang di antara kalian bershalawat kepadaku kecuali shalawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai“. (HR. Ibnu Majah) 

“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa’i) 

2. Memperbanyak doa 

Sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, 

“Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan salat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim) 

3. Perbanyak istighfar dan zikir 

Di hari Jumat juga, Allah akan melipatgandakan pahala untuk siapa pun yang datang dengan membawa amalan – amalan saleh dan Rasulullah sendiri di setiap hari tidak pernah sekali pun lalai dalam membaca istighfar. 

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari zikir kepada Allah. Sesungguhnya aku beristighfar seratus kali dalam sehari“. 

Selain membaca istighfar, ada hal lain yang juga disunnahkan yakni membaca tahlil, tahmid dan juga takbir, sementara untuk jumlahnya tidak ada ketentuan dan juga batasan sehingga kaum muslimah bisa membaca semampu dan sekuatnya. 

4. Memperbanyak amal ibadah 

Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jum'at melebihi dari hari biasanya seperti contohnya meningkatkan jumlah rakaat salat sunnah, memperbanyak pemberian sedekah, membaca Al-Qur’an, lebih banyak menolong sesama umat muslim yang sedang membutuhkan pertolongan, menggerakkan sesama saudara muslim untuk terus berzikir dan juga beramal saleh lainnya.

 

5. Membersihkan diri 

Sunnah untuk membersihkan diri ini tidak hanya berlaku untuk kaum laki – laki yang akan menunaikan salat Jumat saja, akan tetapi juga untuk wanita yang disunnahkan untuk membersihkan diri di hari yang sangat istimewa yaitu hari Jumat. Selain itu, mandi pada hari jumat sendiri merupakan hal yang wajib bagi semua orang yang sudah baligh. 

Selain mandi pada hari Jumat yang memang merupakan hal yang wajib dilakukan untuk setiap umat muslim tidak terkecuali untuk perempuan muslimah. Selain itu, hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak. (HR. Bukhari dan Muslim) 

6. Salat Dhuhur pada awal waktu 

Meskipun tidak bisa menunaikan salat Jumat, para muslimah juga bisa mendapatkan pahala sunnah dengan menunaikan salat Dhuhur di awal wakru dan tidak menunda-nunda apalagi melalaikan salat tersebut. 

7. Melakukan salat tasbih 

Salat tasbih juga sangat besar keutamaanya baik itu pada malam atau pada hari jumat seperti akan diampuni dari segala dosa dan lain sebagainya dan pekerjaan seperti ini akan sangat baik jika dilakukan pada hari jumat karena merupakan hari ibadah. 

8. Membaca surat Al-Kahfi 

Tidak hanya untuk kaum lelaki, kaum perempuan juga mempunyai kesempatan yang serupa untuk membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum'at. Hari Jum'at yang dimaksud di sini adalah karena hari Jum'at yang menurut perhitungan kalender hijriyah yaitu mulai Kamis petang pada saat matahari terbenam sampai hari Jum'at petang saat matahari terbenam. 

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi) 

9. Memotong kuku 

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang tata cara memotong kuku dan ini biasanya dilakukan pada hari Kamis, Jumat atau hari lainnya. Akan tetapi tidak ada dalil yang shahih yang memberikan batasan tentang waktu memotong kuku di hari tertentu. Akan tetapi, para ulama umumnya menganjurkan untuk memotong kuku yang kotor ini ada hari Jum'at. 

10. Ziarah kubur 

Pada malam atau di hari yang istimewa yaitu hari Jumat akan sangat baik jika ziarah ke kubur khususnya kubur orang tua kita dengan tujuan untuk mendoakan mereka dan mengambil hikmah serta pelajaran dengan bertafakhur dan mengingat tentang kematian. 

Demikianlah, semoga kita termasuk muslimah yang berlomba-lomba meraih banyak pahala pada hari Jum’at ini. Aamiin.

Tabarrukan from tribunnews.com dan sindonews.com

Komentar0

Type above and press Enter to search.