TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Twibbonize Jumat Berkah

 Twibbonize Jumat Berkah Jumah Mubarokah

Jumat mubarok mempunyai arti hari Jumat itu penuh kebaikan serta keutamaan. Jumat merupakan hari khusus untuk memaksimalkan ibadah dan amal kebaikan. Seperti halnya Sedekah, oleh karenanya pahala amal di hari jumat dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Jumat juga menjadi hari istimewa bagi umat Muslim. Hari Jumat ini dinamakan sebagai sayidul ayyam yang berarti rajanya hari. Hal ini dikarenakan hari Jumat mendapat kekhususan. Semua ibadah yang dilaksanakan di hari Jumat memberikan nilai pahala lebih utama dari pada hari lainnya. Karena itu, amalan di Hari Jumat sangatlah diutamakan.

Apa Arti Jumat Mubarok atau Jumat Berkah

Dikutip dari laman umma.id , Jumat Berkah artinya hari Jumat itu penuh kebaikan dan keutamaan. Jumat adalah hari khusus memaksimalkan ibadah atau amail kebaikan, seperti sedekah yang pahalanya dilipatkgandakan oleh Allah SWT.

Hari Jum’at adalah hari raya bagi umat Islam:

“Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk umat slam. Barangsiapa yang mendatangi (shalat) Jum’at maka hendaklah mandi, kalau mempunyai wewangian hendaknya dia pakai dan pergunakan siwak.” (HR. Ibnu Majah).

Diceritakan Abu Lubanah al-Badri, Rasulullah bersabda bahwa pemimpin seluruh hari dalam setiap minggu adalah hari Jumat.

Menurut Rasulullah Saw, Jumat hari paling mulia di sisi Allah SWT bahkan lebih mulia dibandingkan Idul Fitri dan Idul Adha.

Lantas, apa arti berkah ?

Arti Jumat Berkah tidak lepas dari makna berkah itu sendiri.

Menurut bahasa,berkah --berasal dari bahasa Arab: barokah (البركة ), artinyanikmat (Kamus Al-Munawwir, 1997:78). Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.

MenurutKamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.

Menurut istilah, berkah (barokah) artinyaziyadatul khair , yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali,Ensiklopedia Tasawuf , hlm. 79).

Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia.

DalamSyarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti:

1. Tumbuh, berkembang, atau bertambah.

2. Kebaikan yang berkesinambungan. Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah ialah “kebaikan yang banyak dan abadi”.

Keistimewaan Hari Jumat

Hari Jumat juga merupakan hari rayanya umat muslim dalam sepekan. 

"Sebaik-baik hari yang matahari terbit pada hari itu ialah hari Jum'at. Pada hari itulah Adam diciptakan dan pada hari itu pula ia dimasukkan dalam syurga dan juga pada hari itulah ia dikeluarkan dari surga itu." (HR.Muslim) sabda Rasulullah diriwayatkan Abu Hurairah.

Bahkan Rasulullah Muhammad SAW punya doa khusus yang dibaca di Jumat pagi. Doa yang sering dibaca Rasulullah ini sudah sepatutnya kita sebagai umat islam teladani. Artikel ini akan menyajikan Doa yang sering dibacakan oleh baginda rosul setiap hari jumat di Pagi hari.

Seperti diketahui, Doa yang sering dibaca Rasulullah mengandung makna dalam untuk menyelamatkan baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, kamu wajib tahu dan menghafalkan doa doa tersebut dalam rangka meneladani Nabi Muhammad SAW.

Termasuk hari Jumat yang dimuliakan dalam Islam karena di dalamnya terdapat keutamaan dan keistimewaan. Rasulullah pernah bersabda, sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah Jumat.

Demikianlah yang disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Keistimewaan tersebut ditegaskan pula dalam sebuah hadis riwayat Muslim dan Tirmidzi. 

"Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Bahkan, dalam beberapa hadits disebut Jumat sebagai hari raya umat Islam. kiamat pun, jelas Rasulullah dalam sabdanya, tidak akan terjadi melainkan pada hari Jumat.

Menurut Rasulullah, Jumat hari paling mulia di sisi Allah SWT bahkan lebih mulia dibandingkan Idul Fitri dan Idul Adha.

Pada hari Jumat, terjadi lima peristiwa besar. Pertama, Allah SWT menciptakan Adam, kedua, Allah menurunkan Adam ke bumi, ketiga, Allah mewafatkan Adam, keempat, pada hari Jumat itu ada suatu saat di mana tidak seorang hamba pun berdoa kepada-Nya melainkan Allah pasti akan mengabulkannya.

Dengan keutamaan Jumat berkah itu, umat Muslim dianjurkan memperbanyak berbagai amalan selain Sholat Jumat.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada hari Jumat adalah memperbanyak doa meski berdoa tentu bisa kapan dan dimanapun. Tapi kalau berdoa di waktu yang tepat tentu itu lebih baik.

Doa Rasulullah SAW pada Jumat Pagi

Nabi Muhammad SAW sendiri menganjurkan doa yang perlu dibaca di pagi hari Jumat. Salah satu doa pagi yang dianjurkan untuk dibaca adalah doa berikut ini:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi.

Artinya : “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.”

Doa ini dapat ditemukan pada Kitab Al-Azkar karya Imam An-Nawawi.

Doa ini dianjurkan dibaca sebanyak tiga kali, sebuah amalan yang tidak berat tetapi memiliki keutamaan yang luar biasa sebagai riwayat hadits berikut ini:

وروينا في كتاب ابن السني، عن أنس رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من قال صبيحة يوم الجمعة قبل صلاة الغداة : أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم وأتوب إليه ثلاث مرات غفر الله ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Artinya : “Diriwayatkan kepada kami dari Ibnu Sinni dari Anas RA, dari Nabi Muhammad SAW bahwa ia bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa di pagi hari Jumat sebelum shalat pagi dengan,

‘Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi’ sebanyak tiga kali, niscaya Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan," (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 71).

Sunnah-sunah Rasulullah di Hari Jumat

Untuk itu dianjurkan memperbanyak amalan sunnah di Hari Jum'at antara lain:

Membaca Surat Al Kahfi

Dengan membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, orang tersebut akan dinaungi cahaya kebaikan di antara dua Jum'at.

"Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jum'at”. (HR. An Nasai dan Al Hakim)

Perbanyak berdoa

Di Jum’at tenyata banyak memiliki waktu yang mustajabah dalam memanjatkan doa.

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu” (H.R Abu Hurairah dan Muttafaqun Alaih)

Perbanyak sholawat

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah penghormatan kepadanya” firman Allah dalam Surat Al Ahzab: 56.

Semua hari adalah baik. Akan tetapi ada satu hari yang mempunyai kemuliaan dan keutamaan karena di hari itu juga memiliki nilai historis dalam sejarah Islam.

Hari tersebut adalah hari Jumat. Menurut kalender Hijriah, Jumat adalah hari keenam dalam satu pekan.

Twibbonize Jumat Berkah

Twibbon Jumat Mubarak merupakan spirit semangat diri untuk menjadi ummat terbaik dalam melaksanakan kesunahan-kesunahan di hari jumat. Anda juga bisa berbagi Twibbon Jumat berkah kepada teman-teman anda untuk menebar kebaikan. Berikut twibbonize hari jumat mubarak: 


Tutorial Pasang Bingkai Twibbonize Ilmu Santri Media

1. Cari Klik Di Sini, kemudian Klik
2. Lalu Klik Pasang Sekarang
3. Kemudian anda diarahkan pada aplikasi penyedia, lalu Pilih Foto/Unggah
4. Lalu geser dan Crop foto
5. Kemudian Download. 
Bingkai Foto Anda sudah masuk pada galeri handphone Anda. 

Tutorial Pasang Bingkai Twibbonize memalui Handphone





Komentar0

Type above and press Enter to search.