TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Kultum Ramadhan - Lailatul Qadar

Assalamualaikum Wr Wb. 

Sahabat Santri Muria Raya

Ramadhan sudah berjalan 2 pekan, artinya sudah banyak sekali amalan-amalan ramadhan kita laksanakan mulai dari Puasa, Qiyamul Lail, Sholat Terawih, Sedakah, Taradarrus Alquran dan amalan sunnah lainnya. 

Salah satu amalan penting di Bulan Suci Ramadhan adalah Ibadah di Malam Lailatul Qodar. Lailatul Qodar merupkan malam istimewa bagi umat Nabi Muhammad.  Karena barang siapa beribadah pada malam ini pahalanya bagaikan ibadah 1000 bulan, sama dengan 83 tahun. Maka disitulah pentingnya menjaga lailatul qadar. 

Dalam ayat Alquran Allah menyebutkan pada surat Al Qodr:

اِنَّاۤ اَنۡزَلۡنٰهُ فِىۡ لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.

وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِؕ

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

تَنَزَّلُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَالرُّوۡحُ فِيۡهَا بِاِذۡنِ رَبِّهِمۡ‌ۚ مِّنۡ كُلِّ اَمۡرٍ

Pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

سَلٰمٌ هِىَ حَتّٰى مَطۡلَعِ الۡفَجۡرِ

Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar. 

Dzahir hadis Nabi memberikan Isyarat bahwa tanda-tanda Malam Lailatul Qadar adalah jika suasana malam tersebut penuh kedamaian.dan paginya matahari tidak terlalu terik.  

Ada juga hadis dan penjelasan ulama bahwa kebanyakan Lailatul Qadar jatuh pada 10 malam terakhir.

Bahkan Hujjatul Islam Imam Ghozali membuat kaidah Jika awal Ramadhan jatuh pada Selasa atau Jumat, maka Lailatul Qadar akan turun pada malam 27 Ramadhan. Dan semua penjelasan di atas, bahwa malam lailatul qadar merupakan rahasia Allah bagi ummatnya.

Maka kata Gus Baha’, buat apa kita mencari-cari tahu tanda di pagi harinya ada keadaan apa (karena itu sudah terlewat). Tetapi yang terpenting adalah kita yaqin bahwa pada bulan ramadhan ini Allah pasti menurunkan lailatul qadar. 

Dan siapapun orang yang mau puasa serta tidak fasiq (melakukan kemaksiatan), sholat terawaih, maka cukup baginya untuk menemui lailatul qadar. 

Dan yang paling penting lagi amal-amal tersebut harus didasari keyakinan, iman dan keihlasan hanya meraih ridha allah. Seperti halnya hadis 

من صام رمضان وقامه إيمانًا واحتسابًا غفر له ما تقدم من ذنبه

Barang siapa puasa ramadhan  dengan yakin dan ikhlas meraih ridha allah. Allah akan memafkan dosa-dosanya yang terlewat. 

Demikian Kuliah Tujuh Menit Ramadhan Santri muria Raya. Semoga Bermanfaat.  Wallahul Mufaffiq Ila Aqwamitthoriq, Ihdinash Shirotol Mustaqim 

Wassalamualaikum Wr, Wb

 


Komentar0

Type above and press Enter to search.