TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Dawuh Gus Iqdam : Empat Pertanyaan Allah Kepada Hamba di Hari Kiamat

Ilmusantri.net - Salah satu dai viral saat ini adalah Gus Muhammad Iqdam dari Blitar. Beliau telah memberikan ceramah di Nusantara. Salah satu ciri khas ceramah Gus Iqdam adalah marangkul semua kalangan mulai dari abangan, preman, kaum marginal bahkan umat non Islam hindu budha bisa menerima Ngaji beliau. 

Dalam salah satu ceramah gus iqdam, beliau pernah menyampaikan salah satu hadis Nabi Muhammad SAW tentang empat pertanyaan yang pasti akan ditanyakan kepada manusia: 

رَوى ابنُ حِبَّانَ والترمذيُّ في جامِعِه أنَّ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم قالَ: “لا تزولُ قَدَمَا عبدٍ يومَ القيامةِ حتَّى يُسألَ عن أربعٍ عَن عُمُرِه فيما أفناهُ وعن سببه فيما أبلاهُ وعن عِلمِهِ ماذا عَمِلَ فيهِ وعن مالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وفيما أنفقَهُ “

Kelak di hari kiamat manusia akan tetap berdiri pada kedua kakinya sehingga ia ditanya tentang empat perkara:

Pertama : tentang tanggungjawab umur yang telah ia habiskan. Apa yang ia lakukan sejak baligh. Ketika manusia meggunakan untuk ketaatan kepada Allah dan menjauhi larangan Allah.. Maka ia akan selamat dari neraka. 

Kedua : tentang masa mudamu kamu gunakan untuk apa. Jika manusia menggunakan masa muda untuk kebaikan, menolong orang dan meninggalkan kemaksiatan.   

Ketiga : kamu dapat rizki dari mana. 

Keempat: rezekimu kamu gunakan untuk apa. 

Quotes Gus Iqdam

Dawuh Gus Iqdam, quotes gus iqdam, quote gus iqdam, kata-kata

Keselamatan itu didapatkan bagi orang yang melakukan kebaikan. Jangan pernah putus asa melakukan kebaikan dan jangan pernah menyesal melakukan kebaikan. 

Mari kita i'tibar dawuh dan mauidhoh gus iqdam di atas sebagai sarana instropeksi dan persiapan menghadap hisab Allah kelak di hari kiamat. 

Demikian Dawuh Gus Iqdam : Empat Pertanyaan Allah Kepada Hamba di Hari Kiamat. Semoga bermanfaat.

Ikuti Update Artikel Website Ilmu Santri di Google News


Komentar0

Type above and press Enter to search.