TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Wajibkah Suami Membelikan Skin Care Istri?


Ilmusantri.net – Kecantikan Istri Kewajiban suami terhadap Istri merupakan hal yang harus dipenuhi. Mulai dari nafkah lahir batin hingga segala kebutuhan Istri lainnya. Siapa suami yang tak menginginkan istrinya cantik? Tapi tidak jarang suami yang tidak peduli.

Skin care dalam islam termasuk alat untuk menjaga kebersihan dan perawatan Istri. Sebatas apa skin care yang diperbolehkan? Wajibkah seorang suami menyediakan skin care untuk istrinya?
skin care untuk remaja, gambar skin care, harga skin care, skin care indonesia, skin care cream, skin care routine, skin care emina, skin care wardah, skin care untuk istri, skin care untuk wanita hamil,


Sebelum menjelaskan Hukum Suami Membelikan Skin care Istri, yuk kita simak percakpan Suami Istri berikut ini…

Mah.. buatin kopi.. padahal istri sedang nyuci di belakang

Mah.. siapin baju kerja.. padahal istri sedang masak di dapur

Mah.. pijitin papa.. padahal istri sedang nyuapin si kecil

Mah.. setrikain baju.. padahal istri lagi nyuci piring

Istri lagi mau maskeran.. papah manggil lagi.. Mah tu dedeknya nangis minta nenen

Istri lagi mau luluran wajah.. papah memanggil.. Mah itu jemurannya kering diangkat ya

Istri minta uang tambahan buat ke pergi salon.. papah bilang.. Uang cukup buat makan kita aja syukur kok pake aneh, mau ke salon

Eh.. pas istrinya yang dulu waktu pacaran cantik dan bening karena dirawat sama orang tuanya kini semakin tak terawat lantaran lebih fokus urus suami dan anak. 

Si suami bilang mah kok gembrot amat sekarang? Mah kok kusem amat sih? 

Tapi Cuma bisa nyela tanpa memberi solusi. 

Sedihnya lagi kalau tau-tau si suami malah genit lirik wanita lain. 

Sakitnya tuh disni.. ;(

Di atas adalah broadcast yang sering kita baca dalam media sosial, namun tidak ada salahnya bila seorang suami mencoba mengerti apa yang menjadi kebutuhan istri.

Apa Saja Nafkah Untuk Istri?

Nafkah menjadi kewajiban seorang yang harus dipenuhi untuk mencukupi kebutuhan orang lain, salah satunya adalah nafkah suami kepada istri. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang menjadi kewajiban seorang suami untuk istrinya, di antaranya adalah kebutuhan makan, pakaian dan tempat tinggal.

Begitu juga alat kebersihan tubuh istri merupakan kewajiban suami. Syekh Khotib as-Syirbini berkata dalam kitab al-Iqna demikian:

وَيَجِبُ لَهَا آلَةُ تَنْظِيفٍ مِنْ الْأَوْسَاخِ
“Dan wajib bagi istri untuk mendapatkan alat pembersih dari kotoran.”

Adapun kosmetik atau skincare dan semacamnya tidak termasuk kewajiban yang harus diberikan kepada istri. Akan tetapi dalam rangka mu’asyarah bil ma’ruf pergaulan yang baik dan menyenangkan istri, maka disunnahkan bagi suami memberikannya.

Bahkan apabila suami menginginkan istri menggunakan skincare, maka suami harus menyediakan. Hal ini dijelaskan secara terperinci oleh imam Abu Ishaq as-Syirazi dalam kitab al-Muhadzdzab:

وَأَمَّا الْخِضَابُ فَإِنَّهُ إِنْ لَمْ يَطْلُبْهُ الزَّوْجُ لَمْ يَلْزَمْهُ، وَإِنْ طَلَبَهُ مِنْهَا لَزِمَهُ ثَمَنُهُ لِاَنَّهُ لِلزِّيْنَةِ 
 وَإِنَّمَا يَحْتَاجُ إِلَيْهِ لِعَارِضٍ وَأَنَّهُ يُرَادُ لِاِصْلَاحِ الٰجِسْمِ فَلَا يَلْزَمْهُ

“Adapun warna pacar sesungguhnya jika suami tidak menghendakinya maka hal itu tidak diwajibkan atas suami (untuk memberikan). Namun apabila suami menghendakinya dari istri maka wajib atas suami untuk memberikan sesuai harga untuk membelinya karena penggunaan semacam itu termasuk berhias… Hal demikian dibutuhkan karena tuntutan tertentu yang pada dasarnya hanya sebatas memperindah fisik perempuan yang hukum asalnya tidak wajib.”

Terlepas dari KESUNAHAN MEMBELIKAN SKINCARE untuk Istri, sebaliknya seorang istri tidak boleh berlebih-lebihan dalam menggunakannya. Penggunaan skincare juga tidak lain hanya untuk menyenangkan suami. Bahkan bisa menjadi HARAM jika seorang istri menggunakan skincare untuk pamer kecantikan apalagi untuk laki-laki lain.

Disarikan dari lirboyo.net dan sumber lain. (AGM)

Komentar0

Type above and press Enter to search.