TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Doa Bahasa Jawa Mujarab Ampuh dari Nabi Hidlir AS.

Doa Jawa Mujarab Ampuh dari Nabi Hidlir AS. 

Doa adalah pedang bagi kaum mukmin. Keampuhan doa (Doa yang Mujarab) bersumber dari beberapa faktor. Mustajabnya doa dapat bersumber dari Sumber Doa itu sendiri. Alquran Ibarat rerumputan yang sangat banyak jenisnya. Dari semua jenis rerumputan memiliki khasiat yang ampuh yang tidak semua diketahui orang. Begitulah keampuhan Alquran dari sisi Lafazhnya, sirri-sirri Alquran, Qolbul Quran atau ayat-ayat tertentu juga memiliki kekuatan Magic tersendiri. 

Senada dengan itu, Mustajabnya doa juga terkadang bersumber periwayat. Si pemberi doa, penyusun doa dan orang yang memberi doa (mengijazahkan). Diantara doa yang pernah tersamaikan oleh Nabi adalah Doa Bahasa Jawa dari Nabi Hidzir AS, 

Lafadh Doa yang Ampuh dan mujarab ini diriwayatkan dari Nabi Hidlir A.S diberikan kepada waliyulloh Mbah Kyai Dalhar Watucongol Magelang Jawa Tengah dan KH. Abdul Qoyyum Lasem Rembang Jawa Tengah. Apakah doa bahasa jawa itu? 

Syair Doa bahasa jawa yang Mustajab tersebut sering dimunajatkan oleh KH. A. Mahin Thoha, Pondok Pesantren Lirboyo Kediri yang bersanad dari KH. A. Chalwani Nawawi, Berjan Purworejo yang bersanad dari Mbah Yai Dalhar bin Abdurrahman, Watucongol Magelang. 

Dawuh Yai Idris Marzuki tentang Doa Nabi Hidlir AS:

Selain doa bahasa jawa tersebut disanadkan oleh Kyai-kyai sepuh di atas. Doa Bahasa Jawa Nabi Hidlir ini juga pernah didawuhkan oleh Al-Maghfurlah Romo KH. Idris Marzuki, Ponpes Lirboyo Kediri. Berikut dawuh nya:
ㅤㅤ
“Koe ki nek nompo dungo-dungo Jowo seko kiai sing mantep. Kae kiai-kiai ora ngarang dewe. Kiai-kiai kae nompo dungo-dungo Jowo seko wali-wali jaman mbiyen. Wali ora ngarang dewe kok. Wali nompo ijazah dungo Jowo seko Nabi Khidlir. Nabi Khidlir yen ketemu wali Jowo ngijazaji dungo nganggo boso Jowo. Ketemu wali Meduro nganggo boso Meduro.”

Artinya: Kamu jika mendapat doa-doa Jawa dari kiai yang mantap, jangan ragu. Kiai-kiai itu tidak mengarang sendiri. Mereka mendapat doa Jawa dari wali-wali jaman dahulu. Wali itu mendapat ijazah doa dari Nabi Khidlir. Nabi Khidlir jika bertemu wali Jawa memberi ijazah doa memakai bahasa Jawa. Jika bertemu wali Madura menggunakan bahasa Madura.
ciri nabi khidir, kisah nabi khidir dan dajjal, bertemu nabi khidir, kisah nabi khidir dan jin, kisah nabi khidir singkat, nabi khidir masih hidup, nabi khidir dan nabi musa, cara mengenali nabi khidir, cara bertemu nabi khidir, silsilah nabi khidir, kesaktian nabi khidir, doa nabi khidir, nabi khidir pdf, nabi khidir bin, nabi khidir as berbuat aneh saat bersama nabi musa as yaitu, nabi khidir masih hidup, nabi khidir cerita, nabi khidir dan nabi musa, nabi khidir dalam alkitab, nabi khidir as, nabi khidir dan nabi ilyas, nabi khidir anak siapa, nabi khidir adalah nabi, nabi khidir abadi, nabi khidir asli

Berikut doa bahasa jawa dari Nabi Hidlir AS yang disanadkan oleh beberapa Kyai sepuh: 

Doa Diberikan Kelapangan Rizki  

Doa bahasa jawa yang satu ini disanadkan dari KH. Dalhar Watucongol Magelang mempunyai doa agar tekun bekerja dan diberi kelapangan rizki. 

“Allahumma ubat-ubet, biso nyandang biso ngliwet. Allahumma ubat-ubet, mugo-mugo pinaringan slamet. Allahumma kitra-kitri, sugih bebek sugih meri. Allahumma kitra-kitri, sugih sapi sugih pari.” 

Redaksi doa ini memberikan maksud bahwa kita meminta kepada Allah SWT agar diberikan kemampuan dan sugih harta sehingga bisa membeli pakaian dan memasak makanan, sekaligus kita dijadikan orang yang punya banyak ternak bebek, sapi, dan kaya hasil sawah ladang. Kekayaan zaman dahulu diukur dari banyaknya simpanan ternak dan padi. 

Sang Kiai memotivasi para santri untuk menjadi orang kaya sehingga ibadah dan dakwah bisa berjalan seimbang. 

Doa Agar Diberikan Kemudahan


Doa diberikan kemudahan berbahasa jawa ini sanad dari KH. Abdul Qoyyum Lasem Rembang sanad dari Nabi Hidlir AS. Berikut doanya: 

"Yaa alloh walik grembyang inna ma'al usri yusro ono angel ono gampang,yaa alloh cospleng cospleng cospleng yaa rohman yaa rohim".

Maksud dari doa tersebut adalah agar kita selalu diberi kemudahan dalam segala hal dan selalu diberikan kesehatatan jasmani rohani.

Maka dari beberapa ulasan di atas. Tentang Mujarrabnya suatu doa adalah tergantung kemantapan dan keyakinan kita atas doa yang kita panjatkan. Utamanya keyakinan kita kepada Allah SWT sang pengabul Doa. 

SING PENTING YAKIN LAN MANTEB

Ditulis oleh: Alfaqir Ila Ilmillah
Sumber Tulisan Potretsantri.com 

Demikian Doa Jawa Mujarab Ampuh dari Nabi Hidlir AS. Semoga menjadi menambah wawasan kita dalam Berdoa memohon kepada Allah. Amin

Ideas: ciri nabi khidir, kisah nabi khidir dan dajjal, bertemu nabi khidir, kisah nabi khidir dan jin, kisah nabi khidir singkat, nabi khidir masih hidup, nabi khidir dan nabi musa, cara mengenali nabi khidir, cara bertemu nabi khidir, silsilah nabi khidir, kesaktian nabi khidir, doa nabi khidir, nabi khidir pdf, nabi khidir bin, nabi khidir as berbuat aneh saat bersama nabi musa as yaitu, nabi khidir masih hidup, nabi khidir cerita, nabi khidir dan nabi musa, nabi khidir dalam alkitab, nabi khidir as, nabi khidir dan nabi ilyas, nabi khidir anak siapa, nabi khidir adalah nabi, nabi khidir abadi, nabi khidir asli


Komentar2

Type above and press Enter to search.