TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Hukum melakukan sholat berjamaah adalah...

Assalamualaikum adek-adek santri yang dimulyakan Allah. 

Mempelajari cara beribadah adalah wajib bagi setiap umat Islam. Termasuk fardlu ain mempelajari ilmu fiqih seputar Ibadah. Diantara ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim adalah sholat. Sholat secara bahasa berarti doa, sedangkan arti sholat secara istilah adalah suatu gerakan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Dalam tatacara sholat terbagi menjadi 2, yakni sholat munfarid (sholat yang dilakukan secara sendiri) dan sholat berjamaah (sholat yang dilakukan oleh minimal 2 orang). 

santri sholat berjamaah, hukum sholat berjamaah adalah,


Dalam buku fikih kalian, terdapat pertanyaan apa hukumnya melakukan sholat berjamaah. Tentu saja pertanyaan ini bisa kita analisa sebagai berikut. Langsung saja kita cek keterangan di bawah omo tentang apa hukumnya sholat berjamaah.  

Hukum melakukan sholat berjamaah adalah...
a. Sunnah Muakadah
b. Fardu 'ain
c. Fardu Kifayah
d. Ibadah Mahdah

Yuk kita bedah apa makna dari empat pilihan di atas. Arti sunnah makkad, fardlu ain, fardlu kifayah dan Ibadah Mahdhah. Arti sunnah muakkad adalah sunnah yang sangat dikuatkan (dianjurkan), ada juga keterangan menyebutkan bahwa sunnah muakkad adalah sunnah yang sering dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW. Sedangkan Fardlu ain adalah suatu amalan / ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim. Kebalikan fardlu ain adalah fardlu kifayah, yakni fardlu yang tidak harus dilakukan setiap muslim tetapi cukup diwakilkan kepada sebagian orang islam seperti halnya  Fardlu mengurus jenazah. 

Sedangkan ibadah mahdah berarti ibadah murni yang syarat dan rukunnya sudah ditentukan oleh syara' (seperti sholat, zakat dll). Sebaliknya, ibadah ghoiru mahdhah adalah segala sesuatu yang bernilai ibadah jelasnya, hubungan sesama manusia dan manusia dengan alam yang memiliki nilai ibadah. Seperti bekerja, berjualan dll. Demikian penjelasan tentang apa hukumnya melakukan sholat berjamaah. Semoga Bermanfaat. 


Komentar0

Type above and press Enter to search.