15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Doa Awal Bulan Shofar dan Doa Harian Safar

ِِAssalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh 

Sahabat Ilmu Santri, Hari ini tanggal 9 September 2021, Malam Kamis umat Islam merayakan kedatangan bulan Shofar. Bulan shafar adalah bulan kedua dalam kalender hijriyah. Para ulama mengajurkan setiap awal bulan shafar untuk membaca doa keselamatan. 

Apa makna dari pergantian bulan dari Muharram ke Safar ini? Tidak lain kita berharap tambahan kebaikan. Bagaimana prestasi ibadah dan khidmat bulan depan akan jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

صفر

Berdoa merupakan anjuran rasulullah SAW. Agar selama satu bulan ini kita senantiasa dalam keselamatan dan keberkahan. Banyak sekali peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di bulan safar. 

Berikut doa shofar yang dikutip Ilmusantri.net dari Kitab Kanzun Najah Wassurur. 

Bacaan Doa Awal Bulan Shofar 

(بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيمِ) وَصَلَّى اللهُ تعالى عَلَى سَيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّ هَذَا الزَّمَانِ وَأَهْلِهِ، وَأَعُوْذُ بِجَلَالِكَ وَجَلاَلِ وَجْهِكَ، وَكَمَالِ جَلاَلِ قُدْسِكَ أَنْ تُجِيْرَنِي وَوَالِدَيَّ وَأَوْلَادِي وَأَهْلي وَأَحْبَابِي، وَمَا تُحِيْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِي مِنْ شَرِّ هَذِهِ السَّنَةِ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ فِيْهَا

وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّ شَهْرِ صَفَرَ، يَا كَرِيْمَ النَّظَرِ، وَاخْتِمْ لِي فِي هَذَا الشَّهْرِ وَالدَّهْرِ بِالسَّلاَمَةِ وَالْعَافِيَةِ وَالسَّعَادَةِ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَأَوْلاَدِي وَلِأَهْلِي وَمَا تُحِيْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِي وَجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالى عَلَى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah selalu memberi rahmat kepada Tuan kami, Muhammad SAW dan keluarganya serta sahabatnya semua. Aku berlindung dari keburukan zaman ini dan orang-orang yang memiliki keburukan itu, dan aku memohon dengan wasilah keagungan-Mu dan keagungan keridhaan-Mu serta keagungan kesucian-Mu, supaya Engkau melindungiku, kedua orang tuaku, keluargaku, orang-orang yang aku cintai dan sesuatu yang diliputi kasih sayangku, dari keburukan tahun ini, dan cegahlah aku dari keburukan yang telah Engkau tetapkan di dalamnya. 

Palingkanlah dariku keburukan di bulan Safar, wahai Dzat Yang Memiliki Pandangan Yang Mulia. Akhirilah aku di bulan ini, di waktu ini dengan keselamatan dan sejahtera bagi kedua orang tuaku, anak-anakku, keluargaku, dan sesuatu yang diliputi kasih sayangku seluruhnya. Semoga Allah selalu memberi rahmat dan keselamatan kepada Tuan kami Muhammad SAW, dan keluarganya serta sahabatnya. 

Doa Dibaca Setiap Hari pada Bulan Safar

(بسم الله الرحمن الرحيم) اللهم صل على سيدنا محمد عبدك ونبيك ورسولك، النبي الأميّ وعلى آله وبارك وسلم، اللهم إني أعوذ بك من شرِّ هذا الشهر، ومن كل شدّةٍ وبلاء وبليّة قدَّرتها فيه يا دهرُ، يا مالك الدنيا والآخرة، يا عالمًا بما كان وما يكون، ومن إذا أراد شيئًا قال له كن فيكون، يا أزليُّ يا أبديُّ، يا مبدئُ يا معيدُ، يا ذا الجلال والإكرام، يا ذا العرشِ المجيد، أنت تفعلُ ما تريدُ

اللهم احرُس بعينك نفسي وأهلي ومالي، وولدي، وديني ودُنياي التي ابتلتني بصحبتها بحُرمة الأبرار والأخيار، برحمتك يا عزيزُ يا غفّار، يا كريمُ، يا ستَّار، برحمتك يا أرحم الراحمين 

اللهم يا شديد القوَى، ويا شديدَ المحال يا عزيزُ ذلّت لعزّتك جميع خلقك، اكفني عن جميع خلقك، يا محسنُ يا مجمل، يا متفضل يا منعم يا مكرمُ، يا من لا إله إلا أنت برحمتك يا أرحم الراحمين، وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم أجمعين.

Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari keburukan bulan ini, dan dari segala kesukaran, bencana dan cobaan yang telah Engkau takdirkan di dalamnya, wahai Ad-Dahr (Allah), wahai sang pemilik dunia dan akhirat, wahai Zat Yang Maha Mengetahui sesuatu yang telah terjadi dan yang akan terjadi, wahai Zat yang apabila menghendaki sesuatu mengucapkan: Kun fayakun, Wahai yang Zat yang tidak terikat waktu, wahai Zat yang abadi, wahai Zat yang menciptakan segala sesuatu, wahai Zat yang mengembalikan segala sesuatu, wahai Zat pemilik keagungan dan kemuliaan, wahai Zat pemilik ‘Arsyi yang mulia, Kau maha melakukan apa yang Kau kehendaki.   

Ya Allah jagalah diri kami dengan pandangan-Mu, dan keluarga kami, harta kami, orang tua kami, agama kami, dunia yang kami dicoba untuk menghadapinya, dengan wasilah keberkahan orang-orang yang baik dan pilihan, dan dengan kasih sayang-Mu wahai yang maha perkasa, maha pengampun, maha mulia, maha menutup aib, duhai yang paling maha penyayang di antara para penyayang. 

Wahai Allah, wahai Zat yang sungguh amat kuat, Zat yang cobaan-Nya sangat berat, wahai yang maha perkasa, yang mana seluruh mahlukNya tunduk karena keperkasaan-Mu, jagalah aku dari semua makhluk-Mu, wahai yang maha memperbagus, yang maha memperindah, yang maha memberikan keutamaan, yang maha memberikan kemuliaan, Yang siapa tiada tuhan kecuali Engkau, kasih sayangilah kami dengan rahmat-Mu wahai Zat paling penyayang di antara para penyayang. Semoga Allah selalu memberi rahmat dan kepada tuan kami Muhammad SAW, dan keluarganya serta sahabatnya semua.   

Itulah tadi Bacaan Doa Awal Bulan Shofar dan Doa Harian Safar 1443 H. Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar