TUd6GfM5GSYpTSM6BSYoTUYlGd==

Apakah Banyaknya Bencana Karena Situasi Politik Indonesia ?

Apakah Banyaknya Bencana Karena Situasi Politik Indonesia ? (Mengaitkan Terjadinya Bencana Sebagai Suatu Ujian atau Bala' Karena Situasi Politik Indonesia)

akibat ulah politik, bencana adalah bala, ujian ataukah bala, politik kotor, ilmu santri

Sumber Naskah:  HASIL KEPUTUSAN MUHAWAROH KUBRO KE 32 LEMBAGA PESANTREN AL-KHOZINY Buduran Sidoarjo Jawa Timur 16-17 Maret 2019 M/ 09-10 Rajab1440 H

Deskripsi Masalah

Akhir-akhir ini negeri kita Indonesia banyak mengalami bencana alam mulai dari tsunami, gempa dan gunung meletus. Kejadian inipun banyak mendapat tanggapan dari para dai-dai (penceramah), ada yang mengatakn bencana ini adalah sebuah azab dari tuhan karena perbuatan dholim manusia dengan alasan masing-masing bahkan sampai dikaitkan dengan kasus hukum seseorang (tokoh) bahkan dikaitkan dengan kasus politik, ada juga yang mengatakan bahwa bencana ini  hanyalah sunnatullah atau ujian dari tuhan.

Pertanyaan:

a.       Bagaimana respon hukum syari’at dalam menanggapi sikap para dai atau tokoh agama yang mengaitkan bencana alam dengan kasus hukum seseorang atau politik?

Jawaban:

Setiap musibah yang terjadi memungkinkan sebagai ujian untuk meningkatkan derajat, menghapus dosa bagi orang mukmin atau siksa bagi ahli maksiat, yang mengetahui hanya Allah semata. Sehingga siapapun tidak berhak mengklaim apakah ini ujian atau adzab.

Refrensi :

Ø       التحرير والتنوير - (ج 2 / ص 57)

{وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَطَّيَّرُوا بِمُوسَى وَمَنْ مَعَهُ} [الأعراف: 131]وقال في المنافقين: {وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَذِهِ مِنْ عِنْدِكَ} [النساء:78] والقول الفصل أن جزاء الأعمال يظهر في الآخرة، وأما مصائب الدنيا فمسببة عن أسباب دنيوية، تعرض لعروض سببها، وقد يجعل الله سبب المصيبة عقوبة لعبده في الدنيا على سوء أدب أو نحوه للتخفيف عنه من عذاب الآخرة، وقد تكون لرفع درجات النفس، ولها أحوال ودقائق لا يعلمها إلا الله تعالى وقد يطلع عليها العبد إذا راقب نفسه وحاسبها، ولله تعالى في الحالين لطف ونكاية يظهر أثر أحدهما للعارفين.

Komentar0

Type above and press Enter to search.